KPU Padangpariaman Latih 55 Relawan Demokrasi

Foto: Nanda
Pariaman - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padangpariaman latih 55 orang relawan demokrasi (relasi) sebelum terjun mensosialisasikan informasi tentang pemilu dan mengajak pemilih Kabupaten Padangpariaman menggunakan hak pilih pada pemilu 2019.
      
"Sebelum bertugas bersosialisasi, kita bekali dengan informasi tentang tahapan, teknis dan pemahaman arti tentang pemilu. Nanti saat turun di tengah masyarakat, pesannya sampai dan pemilih menggunakan hak pilihnya," terang Ketua KPU Kabupaten Padangpariaman, Zulnaidi usai memberikan bimbingan teknis relasi se Kabupaten Padangpariaman di Pariaman, Sabtu (19/1).
        
Menurutnya, 55 orang relawan akan mensosialisasikan pemilu dan mengajak pemilih menggunakan hak pilih sesuai basis masing-masing. Ada 10 basis yang disasar relasi, antara lain basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda dan basis pemilih perempuan.
       
"Basis lainnya yakni penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, lalu basis warga internet," rincinya.
       
Relawan demokrasi yang ditetapkan tidak terpaku mensosialisasikan pemilu kepada basis masing-masing. Relawan juga dapat menyasar diluar segmentasi atau basis pemilihnya.
       
Sementara itu, seiring tingginya aktivitas masyarakat menggunakan media sosial, merupakan potensi sosialisasi pemilu. KPU Kabupaten Padangpariaman juga mengupayakan menyampaikan informasi pemilu dan ajakan memilih melalui beragam media sosial.
      
"Tidak hanya di tingkat KPU, memaksimalkan medsos untuk sosialisasi pemilu juga dilakukan hingga tingkat PPS," kata dia.
       
Ditambahkannya, KPU Kabupaten Padangpariaman menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mencapai 77,5 persen. Target tersebut rasional untuk dicapai, karena banyaknya calon yang mengikuti pemilu 2019 ikut membantu sosialisasi pemilu. (Nanda)