Agar Ramai, Mardison akan Persilahkan Angdes dari Padangpariaman Lewati Pasar

Wakil Walikota Mardison Mahyuddin saat sosialisasikan revitalisasi pasar ke pemilik kios. Foto: Nanda
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman menyebut Pemko Pariaman akan mengkaji trayek angkutan desa (Angdes) dari Kabupaten Padangpariaman agar bisa mengakses atau mengantarkan langsung ke Pasar Pariaman.

Kajian itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk kembali meramaikan Pasar Pariaman, di samping upaya pembangunan ulang pasar yang mulai pada bulan April 2019 mendatang.  

"Ini adalah upaya kita untuk meramaikan pasar. Bangunan fisik pasarnya sudah akan dikerjakan. Nanti setelah selesai, kita siapkan upaya lain seperti pengaturan trayek angdes," kata dia di Pariaman, Selasa (29/1).

Menurutnya, masyarakat yang berbelanja ke Pasar Pariaman banyak yang berasal dari wilayah Kabupaten Padangpariaman, seperti dari Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kecamatan Sungai Geringging, Kecamatan Sungai Limau dan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Jauhnya jangkauan Angdes dari pasar, menyulitkan masyarakat yang harus berpindah angkutan untuk tiba di pasar ikut memberi pengaruh sepinya pasar. Di samping itu, biaya transportasi yang dikeluarkan masyarakat atau pembeli juga bertambah.

"Makanya perlu diberikan akses masyarakat yang merupakan pembeli langsung ke pasar," lanjutnya.

Meski demikian, pihak Pemko Pariaman tidak akan memindahkan atau membangun terminal angdes di dekat kawasan pasar. Kata dia, terminal harus berjarak dari pasar.

"Tidak perlu ada terminal di dekat pasar, hanya saja akses menuju pasar menggunakan angkutan umum lebih mudah," ulasnya. (Nanda)