Padangpariaman Raih Kabupaten Peduli HAM 2018

Bupati Ali Mukhni terima plakat penghargaan dari Menkumham Yasona Laoly. Foto: Andri
Jakarta - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman kembali meraih penghargaan. Kali ini anugerah penghargaan dari Presiden Republik Indonesia sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia 2018.

Penetapan Padangpariaman sebagai Kabupaten Peduli HAM tersebut merupakan untuk yang pertama kalinya sesuai dengan keluarnya SK MenkumHAM  tentang Penetapan Kabupaten Peduli HAM 2018.

Penyerahan anugerah penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tersebut diserahkan oleh MenkumHAM Yasonna Laoly disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Padangpariaman Ali Mukhni.

Pengahrgaan itu diserahkan dalam rangakain acara Peringatan Hari HAM Sedunia ke-70 tahun 2018, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta, Selasa (11/12) lalu.

Padangpariaman sebagai Kabupaten Peduli HAM, kata Ali Mukhni, tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia sesuai dengan Permenkum HAM Nomor 34 tahun 2016.

"Penghargaan ini hasil kerjasama seluruh OPD Padangpariaman yang dituangkan dalam banyak program kegiatan pembangunan dengan memberikan perhatian terhadap HAM," sebutnya.

Ia mengatakan sebelum menerima anugerah tersebut, telah dilakukan penilaian oleh tim Pusat yang turun langsung ke Kabupaten Padangpariaman. Penilaian terdiri dari dua kategori; pertama peduli HAM dan kedua cukup peduli.

Kepada pimpinan OPD, Ali Mukhni berharap agar menyampaikan data pelaksanaan program kepedulian terhadap HAM yang akan disiapkan pada 2019 mendatang.

Kabag Hukum Rifki Monrizal mengatakan bahwa penghargaan Kabupaten Peduli HAM pertama kali diraih Padangpariaman sejak penganugerahan dimulai 2013 lalu.

Anugerah Peduli HAM ini diberikan untuk memotivasi pemerintah daerah melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM. (Tim)