Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

24 Jam Bersama Masyarakat, Begini Program Sabermas di Padangpariaman

14 Desember 2018 | 14.12.18 WIB Last Updated 2018-12-14T12:05:38Z
Sabermas Padangpariaman
Nan Sabaris - Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman kembali menggagas inovasi. Inovasi itu diberi nama Sabermas (Sehari semalam bersama masyarakat). Sabermas akan dilaunching besok (15/12) oleh Bupati Ali Mukhni di Nagari Kapalo Koto, Kecamatan Nan Sabaris.

Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyebutkan, Sabermas akan melengkapi inovasi-inovasi sebelumnya seperti Padangpariaman Sehat dan Padangpariaman Tanggap Kasus Gawat-Darurat (Papa Tangkas Gada) dan Public Service Centre (PSC) 119.

Sabermas, kata dia, memberikan solusi terbaik guna mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat. Artinya, kunjungan yang dilakukan terhadap masyarakat tidak hanya bersifat kunjungan biasa, tetapi untuk memberikan solusi tuntas.

"Sebagai contoh, misalnya masyarakat yang dikunjungi belum memiliki jaminan kesehatan atau fasilitas jamban, maka pada saat pelaksanaan Sabermas, permasalahan tersebut akan dituntaskan," kata dia, Jumat (14/12).

Pada saat launching Sabermas ada 12 indikator kesehatan masyarakat di Nagari Kapalo Koto yang telah tuntas. Dengan kata lain, dengan Sabermas, ke-12 indikator tersebut sudah teratasi.

“Jika ada satu indikator saja yang belum tuntas, maka pada saat Sabermas harus kami tuntaskan. Itulah sebabnya kami berada selama 24 jam penuh di nagari sasaran,” jelasnya.

Intervensi penuntasan ke-12 indikator kesehatan sudah dilakukan tim Sabermas Dinas Kesehatan bersama institusi terkait sejak satu bulan sebelumnya.

Untuk keperluan itu, pihaknya mendirikan posko khusus di Nagari Kapalo Koto. Sabermas di Nagari Kapalo Koto, merupakan launching perdana.

"Mulai awal tahun 2019, Sabermas dilanjutkan pada nagari-nagari lain. Dalam hal ini Kabupaten Padangpariaman terdiri dari 103 nagari pada 17 kecamatan," tandasnya. (Tim)

×
Berita Terbaru Update