Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Segera Garap Aqua Tourism di Sepanjang Aliran Batangair Santok

24 Desember 2018 | 24.12.18 WIB Last Updated 2018-12-24T03:15:44Z
Genius bersama warga bergoro bersihkan dasar batangair Santok dari endapan sampah. Foto: Nanda
Air Santok - Pemerintah Kota Pariaman akan maksimalkan fungsi bendungan irigasi Air Santok di Desa Cubadak Mentawai, Pariaman Selatan menjadi aqua tourism atau wisata air di Kota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Camat Pariaman Timur, Hendri mengatakan, pemerintah Kota Pariaman pada tahap awal akan melakukan normalisasi hulu irigasi Air Santok. Kemudian, kawasan ini akan dilakukan penataan sehingga bendungan lebih bersih dan asri.

Pemko Pariaman bersama pemerintah desa setempat, juga akan melengkapi fasilitas penunjang lainnya seperti pendesterian bagian kiri dan kanan hulu aliran irigasi, pembuatan taman dan fasilitas penunjang wisata lainnya.

"Saya telah tugaskan Dinas PUPR untuk membuat rancangan pengembangan kawasan hulu irigasi Air Santok ini. Kawasan itu akan kita tata agar lebih bersih dan rapi, lalu dibangun fasilitas penunjang wisata air lainnya. Semua dikerjakan secara sinergis antara pemerintah kota dan pemerintah desa setempat," kata Genius, Minggu (23/12).

Menurut Genius, pengembangan kawasan bendungan Air Santok menjadi aqua tourism tidak akan menganggu fungsi bendungan sebagai sumber pengairan sawah masyarakat.

Penataan dan pemanfaatkan hulu aliran irigasi untuk wisata tidak merubah fungsi dasarnya. Justru pengembangan tersebut memberikan nilai ekonomis bagi warga desa setempat, jika berkembangan menjadi kawasan wisata.

"Dampak pengembangan ini akan dirasakan oleh masyarakat. Secara ekonomi, kawasan wisata akan terjadi transaksi. Warga bisa berjualan makanan, bisa juga menyediakan jasa peminjaman alat wisata air, dan sebagainya. Akan banyak dampak ekonominya dari pengembangan ekonominya," kata dia.

Ia mengatakan, hulu irigasi yang lebar dan memiliki jeram, bisa dijadikan sebagai wahana permainan arum jeram. Keberadaan taman dan pendesterian bagian kiri dan kanan hulu sungai, cocok dijadikan tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan rekan sejawat.

"Pembangunannya bisa kita mulai tahun depan, kita telah menyiapkan perencanaannya. Begitu juga dengan Pemdes Cubadak Mentawai, juga memiliki program fisik untuk mengembangkan desanya sebagai desa wisata," ulasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, pengembangan hulu bendungan saluran irigasi Air Santok sebagai wisata air akan dilanjutkan terus ke hilir. Aliran irigasi yang melewati empat desa di kecamatan Pariaman Timur dan satu desa atau kelurahan di Kecamatan Pariaman Tengah, juga akan dinormalisasi dan dilakukan penataan.

"Kita bekerjasama dengan pemerintah desa yang dialiri oleh irigasi Air Santok ini. Kita lakukan normalisasi. Hari ini kita mulai gotong royong bersama membersihkannya, dan kita bangunkan fasilitas penunjang lain," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update