Curah Hujan Tinggi Berpotensi Banjir dan Longsor, Mardison Siagakan BPBD

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah tepi sungai, tebing untuk mawas diri karena curah dan intesitas hujan di wilayah Kota Pariaman masih cukup tinggi.

Masyarakat sementara dapat mengungsi ke rumah keluarga yang lain untuk menghindari banjir agar tidak terseret arus sungai yang meluap.

"Kemungkinan meluapnya aliran sungai seperti yang merendam daerah Sampan Desa Punggung Ladiang, bisa saja kembali terjadi karena memang curah hujan yang cukup tinggi," katanya di Pariaman, Kamis (13/12).

Selain ancaman luapan sungai, kondisi curah hujan yang disertai angin kencang berpotensi menyebabkan pergerakan tanah dan pohon tumbang.

Dia harapkan, masyarakat yang tinggal di tepian tebing mengambil langkah aman dengan mengungsi sedini mungkin untuk menghindari terjadinya risiko terburuk.

"Ada pemukiman warga di daerah kaki bukit, kami juga mengimbau agar lebih awal mengungsi ke tempat yang lebih aman. Curah hujan yang tinggi membuat tanah labil dan rawan longsor," ulasnya.

Menurutnya, seluruh OPD terkait seperti BPBD Kota Pariaman, Dinas Sosial Kota Pariaman, Tagana Kota Pariaman, PMI Kota Pariaman, Kelompok Siaga Bencana dan Pemerintah Desa telah disiagakan untuk melakukan penanganan pasca bencana.

"Seluruh pihak terkait tetap standby di tempat masing-masing, jika ada kondisi kebencanaan dan banjir seperti ini langsung melakukan penanganan cepat. Langkah cepat yang dilakukan untuk mencegah atau menimalisir adanya korban jiwa jika terjadi bencana," pungkasnya. (Nanda)