Berantas Narkoba, Pemko Pariaman akan Bangun Gedung BNNK

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman akan mengupayakan lahan untuk dibangun Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kota Pariaman. 

Penyediaan lahan itu merupakan bentuk komitmen serius Kota Pariaman dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Kota Pariaman.

"Pemko Pariaman sudah menyiapkan lahan untuk dibangun kantor sekretariat BNNK Kota Pariaman, usulannya sudah sampai ke BNN di Jakarta," kata Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin didampingi Kakan Kesbangpol Kota Pariaman, Efirizal usai pemeriksaan urine di Kantor Balaikota Pariaman lama di Karan Aur, Selasa (17/12).

Dari hasil koordinasi dengan BNN, kata dia, BNNK Kota Pariaman dibentuk di tahun 2020 mendatang. Selain menyediakan lahan, Pemko Pariaman juga menyiapkan kelengkapan lainnya seperti sumber daya pegawai dan hal teknis lainnya.

"Jika disetujui, pada tahap awal menjelang adanya gedung sendiri, BNNK Kota Pariaman akan menempati salah satu gedung milik Pemko Pariaman," kata dia.

Ia optimis keberadaan BNNK Kota Pariaman dapat menekan peredaran narkoba di Kota Pariaman. Selama ini, langkah penindakan baru dilakukan oleh pihak kepolisian saja, dengan dibentuknya BNNK, penindakan terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba akan lebih luas dan maksimal.

"BNNK akan sangat membantu pemberantasan narkoba yang fungsinya cuma ada di kepolisian. Dengan adanya dua lembaga yang sinergi, saya rasa upaya pemberantasan narkoba akan lebih maksimal," kata dia.

Selain itu, imbuhnya, Pemko Pariaman hingga ke pemerintahan desa terus mengoptimalkan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. 

"Kita terus sosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba agar pendekatan persesuasif ini dapat mencegah penyalahgunaan narkoba. Namun, ini harus didukung oleh seluruh pihak," pungkasnya. (Nanda)