Lepas Kontingen Pariaman, Mardison Bidik Peringkat 5 Porprov

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman membidik peringkat kelima perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XV 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Padangpariaman.

Target tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan peringkat perolehan medali Kota Pariaman pada Porprov XIV di Kota Padang, yang menempati peringkat 11 dengan perolehan 106 medali. 

"Peringkat kelima sangat rasional jika kita bandingkan kemajuan para atlet pada saat pemusatan latihan. Kita optimis target minimal tersebut bisa kita raih," ujar Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat melepas secara resmi kontingen Kota Pariaman mengikuti Porprov Sumatera Barat ke XV 2018 di Pariaman, Senin (19/11). 

Untuk mewujudkan target tersebut berbagai persiapan telah dilalui Pemko Pariaman dan KONI Kota Pariaman. Hal itu diawali dengan seleksi atlet di masing-masing cabang olahraga, pembinaan atlet hingga pemusatan latihan intensif. 

"Kita juga mamastikan fasilitas pendukung atlet yang akan bertanding terpenuhi, baik itu kebutuhan untuk tim ataupun pemenuhan gizi atlet," ulasnya.

Dikatakannya, beberapa cabor seperti sepatu roda, gulat dan voli diperkirakan akan menyumbang medali untuk kontingen Kota Pariaman. 

"Pada cabor tertentu ini, banyak kelas yang dipertandingan, sehingga peluang sumbangan medalinya juga lebih banyak," ulasnya.

Ia mengatakan, penggunaan 5 lapangan olahraga yang ada di Kota Pariaman pada Porprov 2018 ia yakini memberikan keuntungan tersendiri bagi Kota Pariaman. Bermain sebagai tuan rumah bayangan, akan menambah kepercayaan diri atlet saat bermain di daerah sendiri.

"Atlet akan main lepas karena main di tempat sendiri. Ini akan jadi keuntungan bagi kontingen Kota Pariaman," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan agar ofisial secara ketat menjaga stamina dan kesehatan atlet, agar siap bertanding. Selain itu, atlet juga harus menjaga perilaku sebagai generasi muda Kota Pariaman. 

"Atlet kita akan bersosialisasi dengan atlet dari daerah lain, tentu bisa kita manfaatkan untuk promosi wisata Kota Pariaman kepada kontingen daerah lain," pungkasnya.

500 orang lebih atlet Kota Pariaman akan mengikuti 31 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov yang akan dibuka secara resmi pada malam nanti.

Kontingen Kota Pariaman akan menempati penginapan di SMAN 1 Sungai Sariak, Kabupaten Padangpariaman. (Nanda)