Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laporan Khusus: Menengok Persiapan Padangpariaman Jelang Pembukaan Porprov yang Menunggu Hari

5 November 2018 | 5.11.18 WIB Last Updated 2018-11-05T23:45:56Z
Bupati Ali Mukhni saat meninjau sejumlah venue jelang pembukaan Porprov.
Paritmalintang - Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XV di Kabupaten Padangpariaman tinggal menunggu hari. Pembukaan Porprov akan digelar di Gedung Olah Raga (Gor) Sungai Sariak Padangpariaman pada tanggal 19 November 2018. Porprov akan berlangsung selama 10 hari dan akan ditutup pada 28 November.

Atlet Taekwondo Padangpariaman lakukan pemusatan latihan jelang Porprov di kandang sendiri.


Porprov Sumbar XV Padangpariaman diikuti oleh 18 kabupaten/kota yang ada di Sumbar tanpa keikutsertaan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumlah atlet yang akan berlaga pada 35 cabang olah raga (cabor) pada Porprov diperkirakan berjumlah sebanyak 7.500 atlet. Padangpariaman sendiri telah menyiapkan sebanyak 617 atlet ditambah 160 ofisial dan manager tim.


Kadis Kominfo Padangpariaman Zahirman telah menyiapkan media centre Porprov Sumbar XV Padangpariaman di lantai I Kantor Bupati di Paritmalintang yang menyediakan komputer dan wifi gratis


Untuk acara pembukaan, pemkab Padangpariaman tidak main-main. Mereka telah menganggarkan Rp2,5 miliar khusus bagi acara pembukaan yang spektakuler dari total anggaran keseluruhan perhelatan Porprov sejumlah Rp12 miliar.

Gor Sungai Sariak selaku lokasi pembukaan telah melakukan renovasi yang menakjubkan. Gor yang selama ini dianggap biasa-biasa saja, disulap menjadi Gor yang megah dan indah. Gor berkapasitas 75.000 penonton itu, saat ini (5/11) telah rampung nyaris 100 persen. Tinggal finishing di berbagai spot minor.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padangpariaman Zahirman yang juga panitia inti pada Porprov XV berkata, Gor Sungai Sariak sebagai lokasi pembukaan Porprov telah mendapat pujian dari Wagub Sumbar Nasrul Abit beberapa hari lalu saat melakukan peninjauan. Ia memuji penataan dan desaian Gor yang dinilainya sangat tepat.

"Pak Wagub telah meninjau dan memuji. Gor telah siap sebagai lokasi pembukaan. Dengan waktu yang tersisa sekitar dua minggu lagi, tidak akan ada kendala," kata Zahirman di ruang kerjanya di IKK Paritmalintang, Senin (5/11).

Pembukaan Porprov XV Padangpariaman akan menggelar ragam acara. Acara yang diorganisir oleh ISI Padangpanjang itu akan menghadirkan teatrikal dan tari kolosal melibatkan 5.000 pelajar se Padangpariaman. Grup band Drive juga ambil bagian pada acara pembukaan.

Gor yang telah disulap menjadi kota kecil yang kerlap-kerlip saat malam itu, pada acara pembukaan juga akan menampilkan instrumen kembang api. Parade kontingen juga akan ditata semenarik mungkin.

"Teatrikal yang ditunggu-tunggu adalah seni teater legenda Anggun Nan Tongga. Kisah Anggun Nan Tongga akan digambarkan secara epik oleh para seniman dari ISI Padangpanjang," ungkap Zahirman.

Gor Sungai Sariak selain sebagai lokasi pembukaan dan penutupan Porprov juga lokasi pertandingan semi final dan final cabang olah raga bergengsi sepakbola. Pada cabor ini, Padangpariaman menargetkan masuk final dan meraih medali emas.

Api Obor Porprov XV Sumbar di Padangpariaman

Panitia Porprov Sumbar XV Padangpariaman telah menyiapkan kandidat penyulut obor Porprov di Gor Sungai Sariak pada pembukaan nanti.

Sejumlah nama tengah dipertimbangkan sebagai penyulut api obor. Penyulut api obor mesti atlet Padangpariaman paling berprestasi dan telah berskala nasional dan internasional.

Zahirman membocorkan ada sejumlah nama atlet dari pelbagai cabang olahraga. Namun nama-nama tersebut kini telah dikerucutkan menjadi satu nama. Meski belum ditetapkan, atlet Taekwondo putri Padangpariaman Delva Riski kemungkinan besar akan didaulat sebagai penyulut api obor Porprov Padangpariaman di Gor Sungai Sariak.

"Pertimbangannya tentu prestasi. Kandidat Delva Riski merupakan atlet Asian Games 2018 dan peraih emas pada PON 2016 di Jawa Barat. Delva Riski merupakan kandidat kuat penyulut api obor Porprov meskipun belum ditetapkan," Zahirman membocorkan.

Api obor Porprov Padangpariaman saat ini telah bersemayam di Pendopo Bupati Padangpariaman sejak 3 November 2018. Api obor sebelumnya dijemput dari kota Padangpanjang setelah diambil dari Desa Tua Pariangan di Tanah Datar.

Porprov Sumbar XV Padangpariaman rencananya akan dibuka secara resmi oleh Menpora Imam Nahrowi. Selain Menpora, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan tokoh nasional Minang Azwar Anas, juga dijadwalkan hadir pada pembukaan.

Venue dan Sarana Pendukung

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memastikan kelengkapan sarana vital pada seluruh venue yang telah disiapkan. Ia mengatakan pihaknya akan menjamin ketersedian air bersih dan toilet di masing-masing venue. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak PLN untuk jaminan aliran listrik.

Sebagai jaminan ketersediaan air bersih pada masing-masing venue, Ali Mukhni telah memerintahkan secara khusus PDAM Padangpariaman siaga di masing-masing venue untuk mengurus urusan air bersih.

Ali Mukhni juga menjamin rumah-rumah sekolah yang dipakai sebagai lokasi inap para atlet tidak akan mengganggu proses belajar mengajar bagi siswa.

"Karena kita telah perhitungkan jadwal Porprov bertepatan dengan jadwal libur sekolah SD dan SMP. Kita tidak pakai  SMA karena kewenangan SLTA sederajat saat ini ada pada pemerintah provinsi," jelas Ali Mukhni.

Menurut Ali Mukhni, pada Porprov Sumbar di Padangpariaman pihaknya telah melibatkan masyarakat. Terutama bagi mereka yang memiliki sarana olahraga dan rumah untuk penginapan. Di samping itu pihaknya juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman. Di kota Pariaman ada tiga cabang olah raga yang akan dipertandingkan, yakni tenis, sepatu roda dan futsal.

"Beberapa cabor seperti bulutangkis dan renang ada yang arenanya milik masyarakat. Kita menyewa kepada masyarakat. Ini bukti komitmen kita bahwa Porprov selain sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, juga sukses meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Begitu juga dengan rumah-rumah masyarakat yang disewa oleh atlet dan ofisial peserta Porprov. Semua uang sewa tidak ada pemotongan. Semua diberikan bulat-bulat kepada masyarakat, dan bahkan pihaknya ikut merekomendasikan rumah-rumah tersebut saat peserta Porprov yang ingin menyewa rumah yang lokasinya berdekatan dengan area pertandingan.

"Tuan rumah Porprov adalah semua warga Padangpariaman. Mari kita berikan yang terbaik kepada tamu kita peserta Porprov selama mereka berada di Padangpariaman," katanya.

Padangpariaman sendiri menargetkan juara umum pada Porprov Sumbar XV Padangpariaman. Target itu, kata Ali Mukhni tidak mustahil dicapai karena Padangpariaman pernah meraih posisi kedua Porprov mengekor juara umum kota Padang.

Faktor tuan rumah akan memungkinkan mewujudkan target tersebut di samping persiapan para atlet yang dinilainya sangat matang dalam menghadapi Porprov di kandang sendiri. (OLP)
×
Berita Terbaru Update