Kemendagri Minta Daerah Lain Replika Inovasi Dukcapil Padangpariaman

Foto: Andri
Jakarta - Sebanyak 100 peserta dari 25 kabupaten/kota di Indonesia ikuti pendampingan inovasi daerah yang digelar oleh Kemendagri di Jakarta (2/11). Di hadapan peserta pemdampingan inovasi daerah itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariman beberkan inovasi pelayanan administrasi kependudukan di Padangpariaman.

Kadisdukcapil Padangpariaman Muhammad Fadhly memang menjadi salah satu narasumber pelayanan administrasi kependudukan pada acara tersebut. Dinasnya yang menangani pelayanan publik ini dinilai Balitbang Kemendagri telah banyak melakukan inovasi yang dapat direplika dan dikembangkan oleh daerah lain.

Inovasi yang telah dilakukannya diantaranya pelayanan langsung bagi masyarakat seperti Alpa Beta (anak lahir pulang bersama akta) yang bekerjasama dengan rumah sakit dan klinik swasta, layanan jemput bola Pedang Saber (petugas datang semua administrasi beres), Kadoku KTP-el bagi siswa SMA/wajib KTP pemula, Ajek (antar jemput dokumen kependudukan).

Kemudian Dukcapil Weekend Service (pelayanan di hari Sabtu),  Dukcapil Mitra Pos bernama MIKI MOS (mitra kiriman melalui pos), Dukcapil Mitra PMI bernama Menggoda (meng-update golongan darah), pembangunan gerai Dukcapil bagi daerah terpencil dan rumah sakit, Pak-Yan (paket layanan/layanan terintegrasi).

"Dan baru-baru ini kamai membangun Dukcapil media center yg disebut Prisma Dukcapil (pusat riset statistik dan manajemen data dukcapil) untuk pemanfaatan data bagi instansi lain," ujar Fadhly.

Untuk pembinaan pegawai, ia juga meluncurkan Bu Papri (buku panduan perilaku) yang menjadi acuan bagi petugas pelayanan dalam melayani masyarakat.

Kepala Puslitbang Inovasi Balitbang Kemendagri Syafrizal menjelaskan bahwa Dinas Dukcapil Padangpariaman telah melakukan hal-hal sederhana yang dapat direplika dengan mudah.

"Dinas ini juga melakukan inovasi sejalan dengan perubahan perilaku SDM secara berkelanjutan, sehingga inovasinya didukung oleh SDM yang kuat," kata Syafrizal.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengapresiasi kesempatan anak buahnya berbagi inovasi dengan daerah lain.

Ia mengimbau agar semua OPD melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah secara umum.

"Dinas lain perlu melakukan hal yang sama. Inovasi bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Di Padangpariaman semua pejabatnya adalah pelayan masyarakat," kata Ali Mukhni. (Tim)