Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berikut Kawasan Pariaman yang akan Dilintasi oleh Pembalap TdS

31 Oktober 2018 | 31.10.18 WIB Last Updated 2018-10-30T23:54:22Z

Pariaman - Hampir seluruh wilayah Kota Pariaman akan dilintasi pebalap pada iven Tour de Singkarak (TdS) pada dua etape yakni etape 4 dan etape 8.

Pada etape 4 yang digelar pada 7 November 2018, setelah melakukan start di Kota Padang menuju titik finish di Kabupaten Agam, pebalap akan melintasi sejumlah daerah di Kota Pariaman. Antara lain jembatan Kuraitaji-Simpang Jaguang-Simpang Lapau-Jl. Wolter Mongonsidi-Simpang Jati-By Pass-Simpang Padusunan-Jl. Anas Malik By Pass-Simpang Apar-Jalan Siti Manggopoh-Perbatasan Kecamatan Utara-perbatasan Kota Pariaman dengan Kabupaten Padangpariaman. 

Selanjutnya, pada etape 8 tanggal 11, Kota Pariaman akan menjadi lokasi finish. Setelah melakukan start di Kabupaten Pesisir Selatan, melintasi Kota Padang-Kabupaten Padangpariaman, rombongan akan memasuki wilayah Kota Pariaman.

Pada etape ini sebelum tiba di titik finish, pebalap akan melintasi sejumlah jalan, mulai dari jembatan Kuraitaji-Simpang Jaguang-Simpang Lapai-Jalan Wolter Mongonsidi-Simpang Jati-By Pass-Simpang Padusunan-Simpang Apar-Jl. WR. Supratman-Simpang Ampalu-Jl. Dipenogoro Kampung Pondok-Simpang Amadin-Simpang Tabuik-Jalan Sudirman-Lampu Merah Galombang-Jalan Imam Bonjol-Simpang Taratak-Jalan Syeikh Burhanuddin-dan berakhir di Pantai Kata.

Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Elfis Candra mengatakan, rute yang dilintasi pebalap merupakan akses jalan menuju titik objek wisata di Kota Pariaman. Pemilihan jalur tersebut merupakan usulan agar objek wisata yang ada di Kota Pariaman ikut disorot oleh media nasional dan lokal yang meliput pelaksaan balap TdS.

"Ada beberapa titik objek wisata yang dilewati oleh pebalap dan rombongan. Karena ada banyak media yang ikut rombongan, tentu kawasan wisata kita akan menjadi spot yang indah untuk disorot," kata dia, Selasa (30/10).

Ia memastikan kondisi jalan yang akan dilintasi para pebalap TdS dalam kondisi baik. Bebeberapa titik jalan yang berlobang telah dilakukan perbaikan dan bisa dilewati.

"Semua akses jalan yang dilewati dalam kondisi baik. Jalurnya sudah disurvey oleh panitia," imbuhnya.

Pemko Pariaman dan instansi vertikal seperti Polres Pariaman dan Kodim 0308/Pariaman, telah melakukan koordinasi terkait pengamanan jalur lintasan dan titik finish di Pantai Kata Pariaman. 

"Sebanyak 600 orang mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan TdS di Kota Pariaman yang terdiri dari Polres Pariaman, Kodim 0308/Pariaman, Dishub Kota Pariaman, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman, Dinas PUPR Kota Pariaman, Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pariaman, serta Dinas Kominfo Kota Pariaman," ujarnya merinci.

Mendekati dimulainya TdS, pihaknya akan mematangkan persiapan dengan menggelar rapat pengecekan kesiapan oleh panitia lokal Kota Pariaman pada Kamis (1/11) mendatang.

"Kita akan cek kesiapan panitia di Kota Pariaman. Jika masih ada yang kurang, segera dibenahi," pungkasnya. (Nanda)

×
Berita Terbaru Update