255 Atlet Sepatu Roda se Sumatera Berlaga di Sirkuit Pantai Cermin

Foto: Junaidi
Pariaman - Sebanyak 255 atlet ikuti lomba sepatu roda tingkat Sumatera di Pantai Cermin Pariaman, Sabtu (13/10). Lomba tersebut memperebutkan piala Istri Gubernur Sumbar dan piala Walikota Pariaman.

Peserta yang datang tidak hanya dari dalam daerah Sumbar, tapi juga dari sejumlah club sepatu roda dari berbagai provinsi. Dari Medan, Palembang Sumsel, Pekanbaru Riau dan Jambi. Lomba masih berlangsung hingga Minggu besok, 14 Oktober. 36 cabang lomba akan dipertandingkan dalam kejuaraan tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Adib Alfikri mengatakan, satu-satunya sirkuit sepatu roda di Sumbar hanya ada di Kota Pariaman. Bahkan lintasan yang dibuat telah memenuhi standar nasional.

Dengan adanya sirkuit yang memenuhi standar, kata dia, ke depannya pihak provinsi akan lebih menggalakan olahraga sepatu roda di Sumbar.

"Kita bisa menggandeng sponsor di tahun mendatang," kata dia.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya konsisten menggelar berbagai iven di kota Pariaman. Sebagai kota tujuan wisata, berbagai iven sport tourism digelar setiap tahunnya.

Dengan berbagai iven olahraga, budaya dan pelbagai pentas kesenian, kota Pariaman selalu ramai dikunjungi tiap harinya. Hal itu juga dibuktikan dengan meningkatnya jumlah hunian hotel dan penginapan yang ada di Pariaman.

"Pariaman Internasional Triathlon bahkan diikuti dari 30 negara, Kejurnas Volly Pantai dari seluruh Indonesia, serta Tour de Singkarak yang pada 2018 ini Kota Pariaman lokasi Grand Finish - penutup seluruh etape dan penyerahan hadiah bagi pemenang," kata jebolan STPDN itu.

Sikronisasi pariwisata dan olah raga, imbuh Genius, telah dibarengi dengan pembangunan sejumlah infrastruktur. Mulai dengan pembangunan sirkuit sepatu roda, lapangan voli pantai, area skatepark, track sepeda hingga kawasan surfing.

"Pariaman telah mengakomodir seluruh keinginan pengunjung dan komunitas," pungkas doktor ilmu kebijakan publik dari IPB itu.

Istri Gubernur Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno mengatakan, kejuaraan sepatu roda tingkat Sumatera di Pantai Cermin merupakan inisiatif Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia Sumbar dan Kota Pariaman.

Ia menyebut olahraga sepatu roda telah lama populer di Sumatera Barat dan Pariaman. Olahraga sepatu roda telah menjadi gaya hidup.

"Pariaman selalu sukses menghelat iven olahraga bertema wisata. Jika dikemas dengan baik, selalu akan menarik minat wisatawan," kata dia. (Juned/OLP)