Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

UPTD Labor Lingkungan DLH Sumbang PAD Ratusan Juta per Tahun

14 September 2018 | 14.9.18 WIB Last Updated 2018-09-14T11:25:58Z
Pegawai UPTD Labor Lingkungan sedang mengambil sampel air. Foto/Ira
Pariaman - UPTD Labor Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pariaman mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ke Kota Pariaman.

PAD tersebut berasal dari biaya sampling pengujian air berbagai pabrik, depot, dan instansi pemerintah di Sumbar. DLH Kota Pariaman telah menjalin kerjasama dengan lima kabupaten/kota di Sumbar antara lain Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Padangpariaman, Kota Padangpanjang dan Kota Payakumbuh.

Hingga Juli 2018 UPTD itu sudah menerima Rp170 juta dari biaya sampling berbagai daerah. Baik yang sudah MoU atau pun yang belum. Sementara Kota Pariaman hanya menargetkan hanya Rp130 juta di tahun 2018 ini.

Kalau dilihat dari sektor usaha dan limbah, Kota Pariaman berpotensi menghasilkan Rp600 juta dari biaya sampling. Hanya saja saat ini pihak UPTD terbentur oleh biaya operasional.

Untuk biaya yang dipungut saat pengujian sampling sangat murah jika dibanding daerah lain. Misalnya saja pengujian depot air dengan parameter komplit dikenakan biaya Rp610 ribu per tiga bulan dan untuk pengujian dua parameter dikenakan biaya Rp200 ribu per tiga bulan sesuai dengan Perda nomor 5 tahun 2016.

Sedangkan di daerah lain bisa mencapai angka di atas satu juta untuk pengujian air komplit dan Rp350 ribu untuk pengujian dua parameter. Sedangkan potensi PAD yang dapat dihasilkan dari UPTD ini bisa mencapai angka Rp600 juta kalau seluruh pengusaha pabrik dan depot air di Kota Pariaman ini melakukan pengujian sampling.

Labor UPTD berdiri sejak tahun 2014 dengan standar pelayanan dan mutu sendiri. Baru pada tahun 2017 lalu, labor itu resmi mendapatkan akreditasi internasional tingkat Asia yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional Republik Indonesia (KAN RI).

Labor ini penekanannya lebih ke pengawasan atau pemantauan lingkungan hidup di empat media antara lain air, tanah, udara dan limbah B3 (bahan beracun berbahaya). Namun untuk Kota Pariaman saat ini masih lebih fokus pada air saja, karena keterbatasan anggaran.

Laboratorium sendiri ada dua tingkatannya, labor penguji dan labor lingkungan. Sejak UPTD mendapatkan akreditisasi internasional pihak UPTD lebih yakin untuk menjual jasa sampling ke seluruh wilayah di Sumbar khususnya dan Asia pada umumnya. Kota Pariaman adalah salah satu daerah dari lima daerah di Sumbar yang memilik labor penguji dan sudah terakreditasi internasional. (Ira/Eri/*)
×
Berita Terbaru Update