Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peserta Cik Uniang Cik Ajo Pariaman 2018 Membludak

14 Agustus 2018 | 14.8.18 WIB Last Updated 2018-08-14T12:45:25Z
Ratusan peserta saat sesi wawancara oleh dewan juro Cuca 2018. Foto/Eri
Pariaman --- Sebanyak 93 orang peserta, yakni 32 pria dan 61 wanita, mengikuti tes wawancara pada pemilihan Cik Uniang dan Cik Ajo (Cuca) Kota Pariaman tahun 2018. Tes dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Selasa (14/8).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Elvis Chandra menjelaskan bahwa Cuca selaku duta wisata Kota Pariaman memiliki peran sangat penting. Mereka sebagai corong untuk mempromosikan wisata Pariaman.

“Cik Uniang Cik Ajo kita libatkan untuk berperan dalam mempromosikan pariwisata,” ungkap Elvis.

Elvis mengapresiasi peserta yang mengikuti seleksi cuca. Ia berharap mereka yang masuk dalam tahap grand final merupakan sosok pemuda dengan kemampuan lebih, dan benar-benar mampu menjadi andalan dalam mengenalkan wisata dan budaya Pariaman.

Kepala Bidang Seni dan Budaya Disbudpar Pariaman Efniyeti mengatakan, pada 2017 pendaftar seleksi Cuca tidak mencapai 50 orang.

"Tahun ini mencapai 117 orang dengan kemampuan yang sangat bisa berkompetisi, namun pada hari ini tercatat 93 orang yang hadir mengikuti tes wawancara," kata dia.

Panitia Disbudpar, kata dia juga dibantu oleh Ikatan Cik Uniang Cik Ajo Kota Pariaman dan bekerja cukup profesional untuk menangani iven tersebut. Ikatan Cuca bahkan telah melakukan road show ke sekolah maupun kampus yang ada di Pariaman.

"Kami percaya Cuca 2018 mengharumkan nama Kota Pariaman ke ajang pemilihan Uda Uni Sumatra Barat bulan November mendatang,” lanjut dia.

Efniyeti menambahkan ada lima dewan juri yang akan melakukan proses tes wawancara kepada para peserta pemilihan Cuca 2018. Mereka di antaranya Novrianti Awaluddin juri bidang etika dan kepribadian serta public speaking, Arrahmi juri bidang adat, budaya dan agama.

Masni Fansuri juri bidang bahasa Inggris, Soesilo Abadi Piliang juri bidang pengetahuan umum dan motivasi, serta Zahirma, juri bidang pariwisata dan kesenian.

Ia menjelaskan, setelah peserta pemilihan Cuca melalui tes wawancara, akan dipilih 10 pasang Finalis Cik Uniang dan Cik Ajo Kota Pariaman yang akan maju ke babak grand final yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

“Nantinya 10 pasang finalis akan dikarantina selama dua hari. Karantina dijadwalkan pada 15 – 16 Agustus di Hotel Safari Inn Pariaman. Mereka akan mengikuti sejumlah kegiatan yang sudah ditentukan di antaranya pemberian materi tentang adat istiadat, kuliner Kota Pariaman, dan mengikuti class koreografi untuk persiapan malam grand final nantinya," pungkasnya. (Ira/Eri/OLP)
×
Berita Terbaru Update