Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Kanker Serviks, Pariaman Wakili Sumbar Lomba IVA Test Nasional

15 Agustus 2018 | 15.8.18 WIB Last Updated 2018-08-15T01:40:22Z
Jajaran Pemko Pariaman foto bersama dengan tim penilai IVA Test nasional 2018. Foto/Junaidi
Pariaman ---- Pariaman berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tingkat nasional. Penilaian lomba IVA Test diselenggarakan di Kantor Camat Pariaman Tengah, Selasa (14/8).

Genius Umar mengatakan, penilaian IVA Test nasional menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, bukan semata–mata untuk mendapatkan penghargaan.

“Insya Allah yang telah dilakukan selama ini menjadi salah satu bentuk upaya preventif yang memberikan kesadaran bagi kaum perempuan untuk lebih menjaga diri meminimalkan potensi dari kemungkinan terjangkit kanker serviks,” kata Genius.

Ia berharap IVA Test dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum perempuan yang ada di Kota Pariaman, memahami pentingnya pemeriksaan IVA Test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks.

Di Pariaman tercatat sebanyak 2.225 orang perempuan yang telah melakukan IVA test selama periode Januari hingga Desember 2017.

Untuk wilayah Provinsi Sumbar, Kota Pariaman merupakan daerah pemeriksaan IVA test yang paling tinggi sehingga ditunjuk sebagai perwakilan nasional pada Maret 2018.

Dari empat kecamatan yang mengikuti tes tersebut, Kecamatan Pariaman Tengah menyumbang angka paling tinggi yaitu sebanyak 1.077 disusul Kecamatan Pariaman Selatan 414. Kemudian Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 388 dan Kecamatan Pariaman Utara 346 perempuan.

Tim penilai Ketua Pokja IV TP PKK Pusat Laksmi Widiyastuti mengapresiasi PKK dan segenap masyarakat Pariaman yang bersungguh melaksanakan program gerakan PKK.

Ia berharap pencapaian Kota Pariaman sebagai perwakilan Sumatera Barat pada Lomba Penilaian IVA Test tingkat nasional mendapatkan hasil terbaik dan keluar sebagai juara pertama nasional 2018. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update