Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pembangunan Masjid Terapung Pariaman Resmi Dimulai

2 Juli 2018 | 2.7.18 WIB Last Updated 2018-07-02T12:58:19Z
Foto/Fadli
Pariaman ----- Pembangunan Masjid Terapung Kota Pariaman resmi dimulai, Senin (2/7). Sebanyak 180 tiang besi panjang, mulai dipasang oleh pihak kontraktor pelaksana PT Bukit Intan Engeneering pada tahap pertama ini. Masjid terapung didirikan di Pasir Pauh, Desa Pauh Barat, Pariaman Tengah, Kota Pariaman.
          
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan, pembangunan masjid terapung diawali dengan kesepahaman antara eksekutif dan legislatif untuk membangun masjid terapung. Wujudnya dengan disahkannya anggaran sebesar Rp21.293.967.000 oleh DPRD Kota Pariaman untuk pembiayaan pembangunan. 
 
“Pembangunan tahap I baru bisa memasang 180 tiang pancang dari 300 tiang yang akan dipasang pada tahap selanjutnya,” ujarnya.
          
Ia mengatakan, rencana pembangunan masjid terapung sejatinya sudah ada sejak 2014 silam, namun terkendala karena belum selesainya dokumen Analisas Dampak Lingkungan (AMDAL). Seiring diterbitkannya izin AMDAL pada 15 mei 2018 oleh Gubernur Sumatera Barat, pembangunan baru dimulai.

“DPRD Kota Pariaman masih menunda waktu itu karena belum ada AMDAL-nya. Namun saat izin lingkungan itu telah dikantongi, DPRD Kota Pariaman mendukung penuh,” ulasnya.

Desain Masjid Terapung Pariaman terbilang unik. Pada sisi barat, bangunan masjid yang berada persis di atas permukaan laut, sepintas menyerupai lambung kapal. Mengerucut ke u jung. Rancangan seperti itu memiliki tujuan teknis agar masjid tersebut tidak mengalami kerusakaan saat gelombang menghantam.

Mukhlis memperkirakan masjid terapung baru akan selesai beberapa tahun ke depan. Besarnya anggaran dana yang dibutuhkan, yakni sebesar Rp135 miliar, harus dikerjakan secara multi years.

“Karena pembangunannya dilakukan oleh daerah, ragu kita jika pemerintah pusat mengucurkan data APBN. Namun kita kerjakan secara bertahap saja,” kata dia.

Selain menjadi pusat berbagai ibadah umat Islam, masjid terapung ditargetkan menjadi destinasi wisata baru Pariaman. Keberadaan masjid ini, mempertegas visi dan misi menjadikan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata yang religius.

Dikatakan Mukhlis, masjid ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain yakni, perpustakaan, kuliner, pojok, toko yang dikelola masjid dan pusat souvenir.

“Seperti masjid raya Pasir Pangaraian Riau dan masjid Dian Al Mahri di Kota Depok, orang ramai di sana. Jika ini selesai, ini akan ramai dikunjungi umat Islam dan wisatawan,” kata dia.

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Nasril Ahmad, berharap masjid terapung Kota Pariaman dapat menjadi pusat pendidikan Islam. Keberadaan masjid sebagai pusat pendidikan Islam juga wujud dari penerapan falsafah Minangkabau, “Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.
          
Masjid yang dibangun menjorok akan menjelma menjadi destinasi wisata religi Sumatera Barat. Jika masjid ini selesai, wisatawan yang hadir tidak hanya lokal, namun juga nasional. (Nanda)

×
Berita Terbaru Update