Desa Kampuang Gadang Berpeluang Bertemu Jokowi di Bali

Ketua Tim Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018 Azwar (tengah) sedang diskusi dan wawancara bersama Kepala Desa. Foto/Eri
Pariaman ----- Desa Kampuang Gadang IV Angkek Padusunan Kecamatan Pariaman Timur, wakili kota Pariaman lomba desa/kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Jumat (27/7).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Pariaman Efendi Jamal mengatakan, keberhasilan Desa Kampung Gadang menjadi wakil Kota Pariaman antara lain ditunjang keberhasilannya dalam menjalankan berbagai program pembangunan yang masuk dalam indikator penilain lomba desa/kelurahan.

"Lomba desa/kelurahan ini tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir lomba, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah harapan agar kinerja aparatur desa dan masyarakat terjalin dengan baik dan berkesinambungan," ujarnya.

Efendi Jamal menuturkan contohnya saja pada penanganan masalah kebersihan, Desa Kampung Gadang mampu melaksanakan perbaikan dan peremajaan sarana dan prasarana lingkungan yang diperkuat dengan kegiatan kelompok secara gotong royong.

"Masyarakatnya baik di ranah maupun di rantau selalu menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap suksesnya pelaksanaan pembangunan di desa ini," pujinya.

Ketua Tim Penilai Azwar mengatakan, Kampung Gadang merupakan utusan Kota Pariaman yang telah mengikuti beberapa tahapan-tahapan, mulai dari kecamatan, kota dan sekarang tingkat provinsi.

"Desa terbaik nanti akan diundang ke Provinsi Bali pada bulan Oktober bersama Presiden Joko Widodo, dengan harapan semoga Desa Kampung Gadang menjadi pemenang perwakilan dari Provinsi Sumbar tahun ini," kata dia.

Penilaian lomba desa meliputi kinerja perangkat desa, pengurus LPM, tim penggerak PKK dan lembaga kemasyarakatan, yang dibagi kepada beberapa kelompok yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan masyarakat, bidang kesehatan masyarakat, serta bidang adat, sosial dan budaya. (Tim)