Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Surat Suara dan Logistik Pilkada Pariaman 2018 Telah Dikirim oleh Percetakan

19 Mei 2018 | 19.5.18 WIB Last Updated 2018-05-19T02:15:47Z
Surat suara pada Pilkada Pariaman 2013. Dokumentasi pariamantoday.com
Pariaman ----- Surat suara pemilihan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018, mulai dikirim Jumat kemarin (18/5). Surat suara yang bakal digunakan untuk menentukan pilihan publik pada 27 Juni 2018 mendatang, dikirim dari perusahaan percetakan surat suara PT Pura Barutama, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ke Kota Pariaman.

Sebanyak 62.807 surat suara Pilkada Pariaman dikemas dalam 32 kotak yang terdiri dari 59.245 lembar surat suara sesuai jumlah DPT Pilkada Kota Pariaman, 1.482 lembaran surat suara dari 2,5 DPT 2018, 80 lembar pembulatan TPS dan 2.000 lembar surat suara berstempel khusus untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Boedi Satria mengatakan, pengiriman surat suara dilakukan melalui jalur darat dan diperkirakan tiba di Kota Pariaman dalam satu pekan.

Menurutnya, pengiriman surat suara untuk Pilkada Pariaman sekaligus dengan pengiriman surat suara untuk Pilkada Kota Sawahlunto dan Kota Padangpanjang.

"Sebelum dicetak dan dikirimkan pihak PT Pura Barutama, kami dan Panwaslu telah cek surat tersebut. Setelah sesuai, baru dilakukan pencetakan. Pengiriman sekaligus dengan surat suara untuk Kota Padangpanjang dan Sawahlunto," ujarnya, Sabtu (19/5).

Dikatakannya, surat suara Pilkada Pariaman dilengkapi sistem pengamanan guna mencegah kemungkinan adanya pemalsuan surat suara. Dengan sistem keamanan itu, surat suara palsu akan sangat mudah dikenali.

"Surat suara dilengkapi dengan sistem keamanan. Jika ada pihak yang mencoba memalsukan surat suara, akan sangat mudah dikenali," ulasnya.

Selain surat suara, logistik lain yang juga diadakan oleh pihak rekanan seperti alat bantu bagi pemilih tuna netra, segel sampul, hologram, tinggal menunggu dikirim ke gudang KPU Kota Pariaman.

"Tidak ada kendala logistik, hanya menunggu distribusi dari perusahaan ke gudang kita. Sedangkan distribusi seluruh logistik ke PPS atau TPS, akan dilakukan H-1 pemungutan suara," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update