Padangpariaman Evaluasi Minimnya Partisipasi Masyarakat di Pilwana Serentak

Foto bersama usai rakor. Foto/Rudi

Parit Malintang ----- Pelaksanaan Pemilihan Walinagari (Pilwana) Serentak di Kabupaten Padangpariaman telah berjalan dengan baik dan lancar. Keberhasilan ini tentunya berkat dukungan seluruh komponen terkait dan juga masyarakat Padangpariaman.

Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Camat se Kabupaten Padangpariaman yang diselenggarakan oleh Bagian Pemerintahan Umum, evaluasi Pilwana serentak dilakukan. Rakor yang dipimpin langsung oleh Bupati Ali Mukhni tersebut dihadiri oleh seluruh camat dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Asisten Pemerintahan dan Kabag PUM.

Dalam sambutannya bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama kepada camat yang telah mengawal secara langsung pelaksanaan pilwana serentak sehingga berjalan dengan baik.

"Kita bersyukur pilwana serentak berjalan tanpa ada gangguan yang berarti, semuanya ini tentunya berkat kerja keras kita bersama terutama para camat yang mengawal langsung di lapangan," kata Ali Mukhni, Selasa (8/5).

Selain itu Bupati Ali Mukhni juga mengingatkan kepada seluruh camat sebagai ujung tombak pelayanan harus mampu berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan cepat, murah dan efisien, harus diberikan karena itu adalah hak rakyat yang harus mereka peroleh.

Dalam kesempatan yang sama Kabag PUM Rudy Repenaldi Rilis, menjelaskan rakor tersebut akan dijadikan agenda rutin bulanan dalam rangka meningkatkan koordinasi camat dan berdiskusi terhadap setiap permasalahan yang terjadi di kecamatan untuk dijadikan solusinya.

"Saat ini tema rakor adalah evaluasi pilwana serentak, bulan depan akan ada lagi tema yang lain sesuai dengan kondisi terkini," ujar mantan Camat Enam Lingkung tersebut.

Bertindak sebagai narasumber adalah Asisten Pemerintahan Idarussalam memaparkan, banyaknya permasalahan yang ditemui saat pilwana serentak akan menjadi input untuk perbaikan pilwana di masa yang akan datang.

Hal senada juga diaminkan oleh Kepala DPMD. Masalah DPT, partisipasi pemilih yang rendah, hubungan kerja panitia dan bamus dan pengawasan pilwana merupakan poin yang harus dibenahi untuk pelaksanaan pilwana serentak yang lebih baik yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Di akhir sambutannya Bupati Ali Mukhni mengimbau kepada seluruh camat agar mensukseskan program Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi (PANTER) di wilayah kecamatan masing masing sehingga program ini betul betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Rudi R/OLP)