Bukber di Pariaman? Empat Cafe Ini Rocomended Banget!

Berbuka ala anak muda di Cafe Svmbarang Kadai dengan menu-menu uniknya. Foto/istimewa
Pariaman ----- Tradisi ngebuburit sekaligus berbuka bersama identik dilakukan pada bulan Ramadhan. Sederet rencana ngebuburit dan berbuka bersama, tentu sudah dijadwal banyak orang, kumunitas dan keluarga, sejak dimulainya ibadah puasa Ramadhan.
         
Ngebuburit dan berbuka bersama adalah ajang yang ditunggu-ditunggu. Bukber menjadi ajang bagi berkumpul keluarga besar sekaligus reunian alumni satu sekolah atau kampus. Bahkan ajang balikan dengan mantan pacar. Jika sudah ada rencana, kini tinggal memilih tempat dan lokasi bukbernya. Biasanya, rumah makan atau restoran yang memiliki suasana nyaman, menjadi pilihan masyarakat.

Nah, bagi masyarakat yang berada di Pariaman dan sekitarnya, juga memiliki sederet restoran atau cafe yang menyediakan tempat dan paket bukber. Berikut, restoran dan cafe yang menyediakan paket berbuka puasa bersama.

1. Discovery Cafe.

Berbuka puasa di gazebo lantai tiga rooftop Discovery Cafe Pariaman bisa lihat Pariaman dari ketinggian. Foto/istimewa


Discovery Cafe terletak di Jl. Imam bonjol Kav. 67 Desa Cimparuah, Kota Pariaman. Café dengan bangunan lantai tiga, ini bisa menjadi tempat bagi masyarakat sekitar Kota Pariaman dan wisatawan untuk berbuka bersama.

Meskipun berkelas café, namun menu makanan yang ditawarkan di tempat ini masih terasa khas makanan Sumatera Barat. Edisi bulan puasa, café ini menawarkan paket makanan berbuka puasa. Selain harga yang pas dan bersahabat bagi kantong, menu makanan di sini tidak kalah enaknya.

Lima paket hemat dengan hidangan menu seperti Pecel Ayam, Pecel Lele, Ayam Geprek Terasi, Nasi Goreng Omelet ditambah minuman dan takjil. Menu tersebut tidak mahal, dibandrol dari harga Rp28 ribu hingga Rp45 ribu per paket. Satu lagi yang istimewa di tempat ini adalah samba lado tanaknya.

Selain makanannya yang enak dan harga terjangkau, café ini juga menjadi tempat yang asik untuk berbuka puasa, karena desain bangunannya yang unik. Ruko tiga lantai didesain sesuai dengan kebutuhan. Pada lantai dasar, ruangan ditata seperti ruang makan rumah sendiri. Furnitur khas meja makan jati, membuat keluarga yang berbuka di tempat ini serasa berbuka di rumah sendiri dengan suasana yang berbeda.

Di lantai dua juga menawarkan suasana berbeda. Naik ke lantai tiga, berbuka puasa di atap bangunan atau rooftop, sangat cocok bagi pengunjung anak muda atau mahasiswa. Pengunjung akan menikmati menu makanan di gazebo kayu, sambil menghadap ke jalan dan Kantor Balaikota Pariaman.
  
Bagi pengunjung yang berniat berbuka puasa di Discovery Café, terlebih dahulu melakukan pemesanan, agar tidak kehabisan tempat. Pemesanan bisa dilakukan sehari sebelum berbuka puasa ke nomor 0823832784440.

2. Joyo Makmur:

Restoran milik salah seorang pengusaha kuliner asli Pariaman, Deny Hanafy ini juga menawarkan paket berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Bagi pengunjung yang datang dengan jumlah terbatas dapat memesan paket hemat Rp35 ribu per orang. Paket hemat ini terdiri dari nasi dan lauk seperti lele goreng, lele bakar, ayam goreng, ayam bakar, gurami goreng, jus buah dan takjil.

Bagi pengunjung dengan jumlah banyak, bisa memesan paket eksklusif atau VIP. Restoran Joyo Makmur menawarkan paket Rp2,5 juta untuk kapasitas 40 orang pengunjung. Berbeda dengan paket hemat, paket eksklusif ini, pengunjung dihidangkan makanan dengan prasmanan yang terdiri dari dari 2 lauk protein seperti ikan dan ayam, jus buah atau minuman segar lainnya dan takjil berbuka puasa seperti sala dan ondeh-oneh.

Selain paket berbuka puasa yang ditawarkan selama Ramadhan, pengunjung harus mencoba menu khas restoran ini, yakni Bebek Goreng, Bebek Bakar dan Sup Buntut. Tiga menu khas yang tidak akan dijumpai di restoran makanan di Kota Pariaman dibandrol Rp27.000. Bagi pengunjung yang maniak internet, restoran ini juga dilengkapi fasilitas Wifi gratis, musala dan VIP Room.

Bagi pengunjung yang berencana akan berbuka di restoran bercorak Jawa dengan rasa khas lidah Minang ini, bisa memesan datang langsung di Jl. Wolter Mongonsidi By Pass Desa Kampung Gadang Pariaman Timur, Kota Pariaman.

3. Romusha Garden Cafe.

Buka bareng dengan suasana romantis sambil menyaksikan sunset bisa mengunjungi Romusha Garden. Foto/istimewa

      
Bagi ingin berbuka puasa sambil menunggu matahari terbenam, bisa mendatangi Romusha Garden Cafe. Tempat makan ini, berada tepat dekat pinggir pantai Cermin, Kelurahan Lohong Kota Pariaman.
      
Selama bulan puasa Ramadhan, cafe ini juga menawarkan dua paket makanan berbuka puasa, plus menikmati matahari tenggelam.
      
Pihak manajemen cafe menawarkan dua paket, yakni paket A dengan pilihan menu ayam goreng, pecel lele, pecel ayam, nasi goreng dan lele goreng. Selain lauk dan nasi, lengkap dengan tahu goreng, buah dan es teh manis. Soal harga tidak perlu kuatir. Pengunjung tidak akan dibuat merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati menu ini, cukup membayar Rp25 ribu, pengunjung sudah bisa menyantap hidangan berbuka puasa di cafe dipinggir pantai ini.
    
Bagi pengunjung yang hobi dengan makanan yang serba dibakar, bisa memesan paket B di cafe ini. Jika memesan paket itu, pengunjung dapat menikmati menu lauk yang serba dibakar seperti ikan nila bakar, ayam bakar dan ayam bumbu bali. Menu ini juga dilengkapi tahu atau tempe goreng, buah dan es teh manis.
      
Jika berminat, pengunjung bisa langsung mendatangi cafe ini, atau bisa melakukan pemesanan melalui manajemen cafe di nomor 081395070706.

4. Svmbarang Kadai.
     
Hampir tidak ada warga Kota Pariaman ataupun wisatawan yang berkunjung Kota Tabuik ini yang tidak singgah di Tugu Asean Youth Park Kota Pariaman. Bagi masyarakat atau wisatawan yang ngebuburit dikawasan Pariaman atau yang mengunjungi Tugu Asian Youth Park, tidak ada salahnya nuansa berbuka puasa di Cafe Svmbarang Kadai.
     
Cafe dengan desain kekinian ini, juga menawarkan paket berbuka puasa. Paket tunggal, satu paket spesial yang ditawarkan kepada pengunjung, jika berbuka puasa disini.
     
Sekilas nama paketnya bikin bingung atau pangling. Paket khusus berbuka puasa ini dinamakan "paket bubar padahal ngumpul". Ini menjadi paket berbuka puasa yang ditawarkan di cafe dengan pemilik para anak muda ini.

Menu makanannya dengan nama aneh dan kekinian. Dengan paket berbuka seharga Rp25 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati menu ayam bakar semangat 2019 ganti status, ice sweet tea dan minumal mineral.
     
Sekilas nama menu makanan bikin bingung pengunjung. Nama yang tidak lazim ini, mungkin membuat pengunjung penasaran dengan menu ayam bakar 2019 ganti status tersebut.
     
Selain bisa menikmati matahari tenggelam, di cafe ini pengunjung juga bisa menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca buku. Berbagai buku ilmiah, novel dan majalah dibaca pengunjung.

Masih penasaran, silahkan datang langsung ke Cafe Svmbarang Kadai di Jalan Nasri Nasar Kelurahan Pasir Pariaman atau pesan ke nomor 085274080131. (Tim)