Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keren! DPMPTP Padangpariaman Launching Pelayanan Berbasis Android

3 April 2018 | 3.4.18 WIB Last Updated 2018-04-03T12:13:19Z
Kepala DPMPTP Hendra Aswara (kanan) didampingi Staf TI Indra melakukan soft launching pelayana  perizinan online berbasis android di kantornya di Pariaman, Selasa (3/4).
Pariaman ----- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padangpariaman siapkan pelayanan perizinan online berbasis aplikasi android. Inovasi baru ini sebagai komitmen Bupati Padangpariaman menuju smart city khususnya dalam kemudahan berusaha.

Kepala DPMPTP Hendra Aswara menjelaskan bahwa dalam pelayanan perizinan melalui aplikasi android ini, pelaku usaha atau warga cukup mengunduh pelayanan di Google Playstore dengan mengetik SIMPEL DPMPTP Padangpariaman.

Setelah diunduh, terdapat tiga menu yaitu KBLI, Scan QR Code, Tracking dan Layanan Perizinan Online serta terkoneksi dengan website www.perizinan.padangpariamankab. go.id.

"Sesuai arahan bapak Bupati, Kami diminta membuat terobosan dalam perizinan untuk memudahkan masyarakat," kata Hendra saat soft launching aplikasi tersebut di ruang pelayanan DPMPTP di Pariaman, Selasa (3/4).

Dikatakannya bahwa alasan penggunaan aplikasi berbasis android sendiri berawal dari asumsi bahwa saat ini teknologi IT sudah begitu melekat di tengah masyarakat. Sekarang ini, kata dia, seluruh pengusaha rata-rata sudah menggunakan gawai android.

"Nah, SIMPEL juga ditujukan untuk kemudahan mengakses proses perizinan. Jadi para investor cukup mendownload selanjutnya mereka bisa mengakses langsung," kata jebolan STPDN Angkatan XI itu.

Para pelaku usaha juga bisa langsung melakukan pengecekan (tracking) terhadap proses yang sedang dilalui dari pengurusan perizinan yang dilakukan.

 "Dengan begitu, pengusaha tidak perlu antre dan repot-repot lagi datang ke kantor kami. Cukup lewat HP saja, bisa mengetahui sampai di mana proses perizinan yang mereka urus. Jika sudah siap mereka tinggal ambil," kata Hendra didampingi staf TI Indra.

Melalui pelayanan berbasis aplikasi android,  Hendra berharap bisa lebih mempermudah dan mempercepat pelayanan bagi masyarakat yang akan mengurus berbagai administrasi perizinan yang diperlukan.

"Tujuan utamanya untuk mempercepat pelayanan. Kalau bisa dipercepat, mengapa diperlambat," kata Kadis termuda di Sumbar itu.

Dalam penerapan pelayanan melalui aplikasi android, menurut Hendra, DPMPTP telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai teknologi informasi (IT).

"Untuk SDM sendiri, kita punya programmer handal untuk penerapan aplikasi berbasis android," ujar mantan Kabag Humas ini.

Selain itu, Hendra juga berencana mengembangkan tanda tangan elektronik yang tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada seluruh investor dan percepatan proses perizinan.

"Jadi, jika Kepala DPMPTP sedang pergi dinas luar kota, warga tidak perlu risau proses pengurusan izin akan menjadi lama karena harus menunggu pejabat terkait kembali bertugas. Karena setiap berkas yang masuk akan langsung bisa ditandatangani melalui aplikasi tandatangan elektronik. Jadi semakin mudah dan cepat,"  kata mantan Ajudan Bupati ini. (Tim)
×
Berita Terbaru Update