Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Pilkada, Kapolres Pariaman Cek Kelayakan Senpi dan Psikologi Penggunanya

30 April 2018 | 30.4.18 WIB Last Updated 2018-04-30T11:52:03Z
Kapolres Pariaman cek kelayakan senjata api dan psikologi penggunanya jelang Pilkada Pariaman. Foto/Nanda
Pariaman ----- Kepolisian Resor Pariaman melakukan pengecekan 60 pucuk senjata api jenis revolver inventaris yang digunakan personil Polres Pariaman, Senin (30/4).
        
Selain pengecekan fisik, izin pemegang senjata dan hasil tes psikologi personil pemegang senpi, juga dicek ulang.
        
"Dari hasil pengecekan yang dilakukan, izin pemegang senpi masih berlaku. Evaluasi psikologi rutin yang dilakukan secara berkala, menunjukkan anggota masih memiliki psikologi layak memegang senpi," terang Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan.
        
Menurutnya, pengecekan senpi yang dilakukan untuk memastikan kelayakan sarana dan prasarana guna menunjang tugas kepolisian dalam pengamanan pemilihan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018. Selain senpi, pemeriksaan juga dilakukan terhadap sarana lain, seperti kendaraan dinas, dan kesiapan personil.
          
Personil pengamanan melekat (pam melekat) pasangan calon walikota dan wakil walikota Pariaman 2018, juga dibekali senjata api.
         
Ia berharap tidak ada senjata api yang digunakan selama penyelenggaraan pilkada karena situasi yang gaduh atau anarkis.  
         
"Penggunaan senpi diatur secara tegas melalui Peraturan Kapolri (Perkap). Begitu juga dengan penggunaan oleh personil pengamanan melekat. Senpi hanya boleh digunakan dalam kondisi terdesak, ketika membahayakan personil ataupun pasangan calon," pungkasnya.
         
Saat ini, Polres Pariaman memiliki beberapa jenis senpi yang terdiri dari revolver jenis Colt, SW, Taurus dan senjata laras panjang jenis SS 1. Baru-baru ini, Polres Pariaman juga mendapatkan penambahan senpi laras panjang jenis SS 1 sebanyak 20 pucuk. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update