Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ivana Juarai Lomba Cerita Anak Tingkat Kota Pariaman

18 April 2018 | 18.4.18 WIB Last Updated 2018-04-18T12:41:48Z
Staf Ahli Definal rfoto bersama dengan peserta lomba bercerita anak. Foto/Eri Elfadri
Pariaman ----- Ivana Flora Harumi, raih juara satu lomba bercerita anak tingkat SD/MI se-Kota Pariaman.

Murid kelas lima SDN 05 Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur ini, berhasil menyingkirkan sepuluh peserta lomba lainnya. Sedangkan juara kedua diraih oleh Aril Rahma Adinda murid SDN 12 Naras I dan juara ketiga jatuh kepada siswa SDN 07 Kampung Jawa II, Arnes Syaputra.

Lomba tersebut rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei mendatang. Lomba bercerita anak adalah upaya menumbuhkembangkan minat dan budaya gemar membaca di kalangan anak-anak. Lomba tersebut diprakarsai oleh Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Pemko Pariaman di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Rabu (18/4).

Staf Ahli Setdako Pariaman Definal mengatakan bahwa upaya penanaman nilai moralitas pada anak melalui dongeng atau bercerita. 

"Dengan mendongeng diharapkan anak-anak kita memiliki kesempatan untuk bersosialisasi, sekaligus mengalihkan perhatian mereka terhadap televisi dan game. Karena menurut penelitian Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA), hampir 70 persen tayangan yang disuguhkan televisi-televisi Indonesia merupakan kategori tidak aman untuk dikonsumsi anak-anak," tuturnya.

Ia juga berharap dengan adanya Lomba Bercerita Anak, bisa mencegah mereka dari perilaku negatif dan kenakalan remaja.

Kepala Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Nen Marni, menjelaskan bahwa pemenang lomba akan diikutkan dalam perlombaan tingkat provinsi dan nasional di Jakarta. Peserta Lomba Bercerita Anak tingkat SD/MI se-Kota Pariaman terdiri dari siswa-siswi kelas 5 SD. Baik negeri maupun swasta dan MI di wilayah Kota Pariaman.

Materi lomba yang ditetapkan adalah cerita rakyat yang berasal dari daerah Pariaman sendiri yakni Anggun Nan Tongga.

Kepala Sekolah SDN 05 Air Santok, Mis ELis, menyampaikan bahwa sekolah yang dipimpinnya dalam tiga tahun terakhir selalu mendapatkan juara lomba bercerita anak se-Kota Pariaman.

"Kami akan mempersiapkan anak untuk lomba tingkat Provinsi Sumbar yang akan digelar pada bulan Juli mendatang, mudah-mudahan bisa mewakili Kota Pariaman pada tingkat nasional nanti," harapnya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update