Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua KAN Nagari Kuraitaji Resmi Dijabat Asman Yahya

1 Maret 2018 | 1.3.18 WIB Last Updated 2018-03-01T12:49:30Z
Walikota Pariaman foto bersama dengan pengurus KAN Kuraitaji yang baru. Foto/Phaik
Pariaman ----- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman Mukhlis Rahman, lantik Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kuraitaji di Halaman Masjid Pinago Desa Batang Tajongkek, Pariaman Selatan, Rabu (28/2).

Pengurus KAN Kuraitaji yang baru, berdasarkan Lampiran Keputusan LKAAM Kota Pariaman Nomor 03/LKAAM-PRM/VII/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang Penetapan Struktur Kepengurusan KAN Kuraitaji periode 2017-2022.

Dalam lampiran itu, Dewan Pertimbangan dijabat oleh Syamsir Dt. Rajo Mangkuto, Ali Syafar Rajo Ulu Anso, Arman Nur Dt. Panglimo Rajo, Dartoni Dt. Tumangguang, Faisal Dt. Mantari Ameh, Buya Fuadi Jalil, Khatib Busra, Marjohan, Makmur. Sedangkan Dewan Penyantun Hermansyah, James Nazmi, Afzan Taher, Dasril dan Basyarudin.

Sedangkan Ketua dijabat oleh Asman Yahya, Sekretaris Azwir, Bendahara Mayfaldi, Wakil Ketua I Fauzi, Wakil Ketua II Jauhar Muis, Kaur Organisasi Masri Mukhtar, Kaur Penyelesaian Sako jo Pusako Masri Ibrahim, Kaur Pemberdayaan Tanah Ulayat dan Aset Nagari Khadir, Kaur Pemuda Seni dan Permainan Anak Nagari Zulkifli Tajung. Anggota Munardi, Amrizal, syafril, Bujang Anis, Ali Tiar, Nurdin Jala, Kudri, Suardi, Ali Munir, Kamarudin, Adrizal Labai Apuak, Zayadi Talib, Erman Bay, Armen P, M. Yusuf dan Syaiful Bahri.

Mukhlis Rahman, usai melantik berharap pengurus KAN yang baru mampu mengemban dan melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Ia menjelaskan, pengukuhan pengurus KAN yang dilakukan oleh LKAAM Kota Pariaman, merupakan bukti bahwa keberadaan KAN Kuraitaji telah kembali defenitif.

"Berdasarkan hasil musyawarah mufakat anak Nagari Kuraitaji. Keberadaan pengurus KAN Kuraitaji yang hari ini dikukuhkan, tidak merubah dan memisahkan adat dan tradisi yang ada dan berlaku di Nagari Kuraitaji," kata Walikota Pariaman dua periode itu.

KAN dia harap terus teguh memegang amanah untuk memimpin sanak kemanakan dalam nagari, serta mampu memelihara adat dan budaya di Kanagarian Kuraitaji.

Dengan dikukuhkannya pengurus KAN Kuraitaji, Pemerintah Kota Pariaman berharap KAN Kuraitaji tetap menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di tengah masyarakat.

"Karena peran niniak mamak sangat kami butuhkan dalam membangun Pariaman ke depannya," ujar dia.

Ketua KAN Kuraitaji Asman Yahya berharap sinergi antara KAN dan seluruh komponen masyarakat lebih berperan aktif demi pembangunan Pariaman ke depannya.

Ahman Yahya berkata, secara adat istiadat KAN Kuraitaji sebenarnya meliputi dua daerah yang berbeda secara administrasi, namun demi mendukung kemajuan Kota Pariaman, maka terbentuklah KAN Kuraitaji yang meliputi 13 desa yang ada di Kecamatan Pariaman Selatan.

"Tetapi secara Kerapatan Adat Nagari kita dalam Kanagarian Kuraitaji tetap "Saciok bak Ayam, Sadanciang Bak Basi" dalam setiap kegiatan adat istiadat," katanya.

Asman menuturkan bahwa KAN Kuraitaji yang baru dibentuk tersebut telah siap bekerja membantu kesuksesan dan kelancaran semua program yang bersangkutan dengan Nagari Kuraitaji untuk kemajuan Kota Pariaman. (Phaik/OLP)
×
Berita Terbaru Update