Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hingga Maret 2018, Dinsos Pariaman Sudah 4 Kali Salurkan Raskin

22 Maret 2018 | 22.3.18 WIB Last Updated 2018-03-22T05:00:43Z
Ilustrasi beras Bulog. Foto/internet/istimewa
Pariaman ----- Memasuki bulan April 2018, penyaluran bantuan beras sejahtera (rasta) di tingkat Kota Pariaman telah mencapai tahap 4.

Plt Kasi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Pariaman Riko Delfiano mengatakan, bantuan beras sejahtera (rastra) tahun 2018 telah disalurkan sebanyak empat kali hingga akhir Maret 2018 ini.

"Penyalurannya dilaksanakan setiap bulan oleh Bulog hingga ke kantor kecamatan dan dibantu penyalurannya langsung kepada masyarakat," terangnya di Pariaman, Kamis (22/3).

Kota Pariaman sendiri, menurut Riko, mendapatkan kouta bantuan rastra sebanyak 2.983 Kepala Keluarga (KK) miskin selama periode satu tahun 2018. Adapun rastra tersebut diberikan berupa beras Bulog dengan jumlah 10 kg per KK yang dibiayai oleh APBN.

Jumlah penerima rastra dari pemerintah pusat melalui Bulog sangat terbatas, sehingga 331 KK lainnya yang belum terakomokasi oleh bantuan rastra pemerintah pusat, diakomodir melalui pendanaan APBD Kota Pariaman.

"Karena kouta dari pemerintah pusat belum mengakomodir sasaran penerima, Pemko Pariaman mengakomodir melalui pembiayaan ABPD," ulasnya.

Ia mengatakan, program rastra di 2017 dikenal dengan program raskin itu. Program rastra akan berlangsung hingga akhir bulan Juli 2018.

"Agustus akan diganti dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi penerima raskin. Penerima bantuan ini, akan mendapatkan kartu dan bisa ditukarkan dalam bentuk beras dan telur di e-warung yang telah ditunjuk oleh pemerintah," sebut dia.

Sementara itu, terkait penyelewengan bantuan, pihaknya belum menerima laporan adanya penyalahgunaan penyaluran bantuan rasta.

"Belum ada laporan dari masyarakat tentang adanya penyelewengan bantuan rastra. Namun kami di dinas terus melakukan monitoring penyalurannya," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update