Dukung Siskeudes, Kominfo Pariaman Jalin Kerja Sama dengan Telkom

Kepala Desa Kampung Baru Padusunan Suardi MZ. Foto/Eri Elfadri
Pariaman -- Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam pelaporan penggunaan dana desa di Kota Pariaman sudah dimulai sejak 2016 lalu.

Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemko Pariaman dalam mendukung tata kelola keuangan pemerintahan desa secara baik dan akuntabel. Aplikasi Siskeudes telah dirasakan manfaatnya oleh kepala desa di Kota Pariaman dan perangkatnya.

Kepala Desa Kampung Baru Padusunan, Kecamatan Pariaman Timur, Suardi MZ, yang ditemui di Aula Balaikota Pariaman dalam acara workshop evaluasi implementasi sistem tatakelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes, Rabu (28/3) mengatakan, dengan adanya aplikasi Siskeudes, sangat membantu kepala desa dan perangkatnya dalam menyusun perencanaan dan pelaporan keuangan.

“Kami merasa lega dengan Siskeudes ini, maka peluang kepala desa terhadap penyalahgunaan anggaran akan semakin tipis, penggunaan dana desa menjadi transparan, sehingga pengawasan dana desa menjadi lebih baik,” kata dia.

Pria yang pernah menjadi guru mengaji ini juga mengungkapkan, dalam penggunaan sistem aplikasi Siskeudes hanya terkendala pada jaringan internet yang ada di Desa Kampung Baru Padusunan.

“Jaringan internet di desa kami agak susah, jadi untuk sementara kita mengakali dengan menggunakan modem sendiri,” imbuhnya.

Disinggung tentang dana desa, kepala desa periode 2014 – 2020 ini mengungkapkan desanya mendapatkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk 2018, tidak jauh berbeda dengan anggaran dana desa 2017.

Menanggapi permasalahan jaringan internet di desa tersebut, Kepala Bidang e-Goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Nofrizal Nur, menjelaskan bahwa Diskominfo saat ini sedang memfasilitasi kerja sama jaringan internet antara PT.Telkom Indonesia dengan 55 desa di Kota Pariaman.

“Kami sudah memberikan rincian anggaran biaya terkait penyambungan jaringan internet ke desa-desa di Kota Pariaman kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariaman sebagai acuan bagi penganggaran tahun 2018 ini,” jelasnya.

Ia mengatakan pada tahun ini seluruh desa sudah mendapatkan akses internet melalui Telkom. (Ira/OLP)