BLK Padangpariaman Kembali Gelar Pelatihan

Foto/Andri


Pariaman – Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Kabupaten Padangpariaman tahun 2018 akan melaksanakan sejumlah kegiatan pelatihan berbasis kompetensi. Selain itu, juga melaksanakan uji kompetensi/sertifikasi kompetensi.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop UKM) Nurhelmi mengemukakan informasi itu, Jumat (2/3). Menurutnya, sedikitnya ada 15 jenis dengan total 31 paket pelatihan.

Ke-15 jenis pelatihan itu adalah, Technical Support , Teknisi Audio Video, Telpon Seluler, Instalasi (Penerangan), Instalasi Tenaga, Teknisi AC, Juru Las Karbit, Juru Listrik Smaw, Furniture, Mekanik Mobil, Mekanik Sepeda Motor, Operator (Pembuatan Sprey Dan Bed Cover), Operator Jahit (Pakaian Dasar), Operator Basic (Office) dan Pertanian. 

Nurhelmi menambahkan, panitia penyelenggara menyediakan fasilitas  berupa bahan latihan, modul latihan, makan siang,  baju kerja + kaos, uang transportasi serta kesempatan diikutkan uji kompetensi/sertifikasi.

“Kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh Kementerian Tenaga Kerja RI dana bersumber dari APBN. Dengan kata lain, peserta tidak dipungut biaya pelatihan,” ujar Mantan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPM PPT) ini.

Masa pelatihan berkisar 30 hari hingga 1,5 bulan, tergantung jenis pelatihan. “Tempat terbatas karena untuk setiap paket pelatihan terdiri dari 16 peserta,” katanya lagi.

Syarat untuk mengikuti pelatihan keterampilan, lanjut Nurhelmi merinci, antara lain usia produktif bekerja dengan melampirkan kelengkapan berupa fotokopi KTP dan kartu keluarga, fotokopi ijazah terakhir dan pasfoto 4 x 6 = 2 lembar.

Calon peserta yang berminat dapat segera mendaftar ke UPT BLK Padangpariaman di Jl Sam Ratulangi Nomor 30 Kampung Baru – Kota Pariaman.

“Dari 31 paket tersebut, saat ini sudah berlangsung lima paket pelatihan. Masing-masing tiga paket institusional (bertempat di BLK) dan dua paket non institusional bertempat di kantor walinagari,” jelas Nurhelmi. (Tim)