Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tol Padangpariaman-Pekanbaru Akan Miliki Terowongan Terpanjang di Indonesia

12 Februari 2018 | 12.2.18 WIB Last Updated 2018-02-12T05:05:52Z
Presiden Jokowi bersama Bupati Ali Mukhni saat grounbreaking Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru di Kasang, Batang Anai. FOTO/Hendra
Padangpariaman ----- Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumatera Barat mendapat sambutan yang meriah oleh masyarakat. Selama tiga hari, presiden mengunjungi kabupaten dan kota di Sumbar di antaranya Dharmasraya, Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Padang dan Padangpariaman.

Kesempatan itu juga tidak disia-siakan oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni untuk mengekspos berbagai pembangunan mega proyek nasional di daerahnya.

"Pertama, saya menyampaikan ucapkan terima kasih dari masyarakat kepada Bapak Presiden atas kepercayaannya menunjuk Padangpariaman sebagai pusat mega proyek nasional. Beliau sampaikan pembangunan infrastruktur untuk percepatan pertumbuhan ekonomi," ujar Bupati Ali Mukhni usai groundbreaking Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru di Kasang, Kec. Batang Anai, Jumat (9/2) lalu.

Mega proyek tersebut di antaranya Politeknik Pelayaran, Asrama Haji, MAN Insan Cendikia, Kawasan Industri, Rusunawa, Irigasi Anai dan kawasan Tarok City.

"Tarok City kita coba usulkan menjadi Program Strategis Nasional," kata Ali Mukhni didampingi Wabup Suhatri Bur.

Terkait jalan tol, Ali Mukhni menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo karena memprioritaskan Tol Trans Sumatera.

Tentunya banyak daerah lain di Indonesia yang antri untuk mendapatkan proyek jalan tol, namun Jokowi memutuskan untuk membangun Padang-Pekanbaru di awal tahun ini. Proyek tol ini terdiri dari empat tahap dan diwacanakan selesai dalam 5 tahun, tepatnya tahun 2023.

"Tadi Bapak Presiden sudah menyampaikan jalan tol untuk percepatan transportasi dan menunjang pariwisata Sumbar yang sudah terkenal di dunia yaitu wisata religius, kuliner dan keindahan alam," kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Selanjutnya Ali Mukhni juga menyampaikan apresiasi kepada tokoh adat, ulama dan pemilik tanah yang mendukung pembangunan jalan tol. Apalagi jalan tol Padangpariaman-Pekanbaru sepanjang 242 km dengan biaya Rp78 triliun merupakan yang pertama di Sumbar.

"Di jalur Pangkalan-Bangkinang ada terowongan terpanjang di Indonesia yaitu 9 kilometer dengan biaya Rp9 triliun," kata alumni Lemhanas tahun 2012 itu. (HA)
×
Berita Terbaru Update