Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panwaslu Pariaman Kerahkan PPL Awasi Netralitas ASN di Pilwako Pariaman

14 Januari 2018 | 14.1.18 WIB Last Updated 2018-01-14T14:01:53Z
Sekretaris Panwaslu Pariaman Riky Falantino hadiri pelantikan PPL se Kecamatan Pariaman Utara. FOTO/Nanda
Pariaman ---- Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Pariaman Riky Falantino ingatkan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) jangan ikut komentari postingan terkait bapaslon walikota dan wakil walikota pada Pilwako Pariaman 2018 di media sosial.

"Jangankan berkomentar, memberikan centang menyukai atau kata-kata mantap saja sudah menyalahi etika. Hal ini perlu kami tegaskan kembali agar tidak ada PPL yang terkena pelanggaran etik di kemudian hari," katanya usai pelantikan PPL se Kecamatan Pariaman Utara, Minggu (14/1) siang.

Larangan berkomentar di media sosial tentang pasangan calon, bukan hanya berlaku bagi penyelengara atau pengawas pemilu saja. Namun batasan dan larangan itu juga berlaku bagi ASN, anggota TNI dan Polri.

Khusus bagi ASN, aturan tegas pun diberikan bagi yang masih nekat berpihak dan melakukan upaya pemenangan salah satu pasangan calon. Sanksi sedang hingga berat seperti diberhentikan, mengancam jika ASN tidak netral.

"Yang dilarang adalah berkomentar tentang pasangan calon atau yang menyiratkan bahwa yang bersangkutan mendukung. Namun di sisi lain, ASN dan penyelenggara pilkada dapat menggunakan media sosial mensosialisasikan konten terkait pilkada yakni, postingan tentang tahapan pilkada, ajakan mengawasi pilkada, itu kita anjurkan," ulasnya.

Meskipun belum menerima laporan ataupun temuan keterlibatan tidak netralnya ASN pada Pilwako Pariaman 2018 hingga saat ini, namun pihaknya akan mengoptimalkan pengawasan media sosial.

Sementara itu, imbuh Riky, bagi PPL yang telah dilantik hari ini, sejumlah pekerjaan telah menunggu PPL dalam waktu dekat, yakni mengawasi pencocokan dan penelitian (coklit) serentak oleh PPDP tingkat desa dan kelurahan.

Ia meminta agar seluruh PPL harus berkoordinasi dengan kepala desa, Lurah dan PPS di wilayah masing-masing.

Camat Pariaman Utara Herman, secara khusus meminta agar PPL mengawasi netralitas ASN di Kecamatan Pariaman Utara. Pihaknya terbuka menerima informasi ataupun laporan dari PPL, jika menemukan indikasi ketidaknetralan ASN di wilayahnya.

"Kita minta secara khusus untuk diawasi, jika menemukan silahkan laporkan kepada kami. Sesuai dengan instruksi dari Walikota Pariaman, agar ASN menjaga netralitasnya selama Pilkada," ulasnya.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pariaman Utara Andrianto Tuanku Ibrahim mengatakan, jika perekrutan PPL telah melalui mekanisne, yang diawali seleksi berkas administrasi hingga wawancara. Ia meyakini PPL yang terpilih di kecamatan Pariaman Utara merupakan peserta terbaik.

"PPL setelah dilantik telah menjadi keluarga besar Bawaslu RI, semuanya bertanggug jawab melakukan pengawasan untuk menciptakan keadilan pemilu, khususnya Pilkada 2018 ini," katanya.

Selanjutnya PPL yang telah dilantik langsung diberikan pembekalan teknis dan peran PPL mengawasi Pilkada 2018. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update