Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Turuti Nasehat Veteran, Dandim Pariaman Renovasi Tugu-tugu Perjuangan

11 Desember 2017 | 11.12.17 WIB Last Updated 2017-12-11T11:46:05Z
Prajurit TNI Kodim 0308/Pariaman bersama warga bergoro bersih sekaligus renovasi Tugu AMD di Sunur Barat. Foto/Nanda
Sunur --- Kodim 0308/Pariaman yang diwakili oleh Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Serma Irwansyah dan Koptu Pry Irianto, bersama Walinagari Sunur Barat Afrizal beserta Staf, Walikorong dan masyarakat Sunur Barat, gotong royong membersihkan sekaligus mengecat Tugu AMD, Minggu (10/12).

Tugu yang dibangun sejak tahun 1982 di Korong Pasar Baru Nagari Sunur Barat, Kecamatan Nan Sabaris, Padangpariaman itu, sudah lama terabaikan sehingga terlihat lusuh.

Menurut Danramil 07/Pauh Kambar Kapten Inf Karman, tugu tersebut persis dibangun saat operasi bhakti yang dikenal dengan nama ABRI Masuk Desa (AMD) pada tahun 1982. Tugu itu dibangun oleh para prajurit TNI yang mungkin saja saat ini sudah pada pensiun. Kini AMD berubah nama menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Ia mengatakan bahwa rencana pembersihan tugu sudah ada mulai awal bulan November lalu atau jelang Hari Pahlawan.

"Awal bulan November Dandim memerintahkan para Danramil untuk mendata tugu-tugu yang ada di wilayah Kodim 0308/Pariaman yang perlu dibersihkan atau diperbaiki. Semenjak itu Koramil dan walinagari aktif berkoordinasi membicarakan rencana tersebut," ujarnya.

Sementara itu Walinagari Sunur Barat Afrizal menyambut positif kegiatan tersebut. Kata dia, selain untuk tetap memelihara budaya gotong royong juga menunjukan kepedulian terhadap apa yang ada di Nagari Sunur Barat. 

"Hal ini sangat penting terus digalakan. Gotong royong adalah budaya kita. Dengan bergoro, kita bisa mempertahankan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri," ujar dia.

Sebelumnya, selain membersihkan dan memperbaiki Tugu AMD, Kodim 0308/Pariaman juga telah memperbaiki Tugu Renville yang berada di kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Padangpariaman.

Terpisah, Dandim 0308/Pariaman Letkol Arh Hermawansyah mengatakan bahwa kegiatan tersebut tercetus berkat ide para veteran yang diungkap dalam suatu kesempatan ke dia.

"Permintaan para veteran kepada saya  untuk memperhatikan tugu-tugu perjuangan yang ada, karena kondisinya sudah kurang terawat. Oleh karena itu momentum Hari Pahlawan kita sudah mendata beberapa tugu yang perlu diperhatikan. Tugu perdana yang kita perbaiki adalah Tugu Renville," tandasnya. (*)
×
Berita Terbaru Update