Percepat Pembangunan, Padangpariaman Hajat Bursa Inovasi Nagari

Salah satu bentuk pelayanan Pemkab Padangpariaman kerjasama dengan PT Pos untuk dokumen kependudukan. Foto/istimewa
Pariaman --- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Padangpariaman gelar bursa inovasi Nagari Kabupaten Padangpariaman, Rabu (13/12) di Hall Saiyo Sakato Pariaman.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMD Padangpariaman Syafrizal mengatakan, bursa inovasi merupakan wujud dari percepatan pembangunan nasional sesuai dengan visi dan misi Presiden RI Joko Widodo dalam nawacita ke tiga, yaitu membangun dari pinggir, dari desa, dari nagari dan visi misi dari Bupati Padangpariaman Ali Mukhni untuk menciptakan nagari yang mandiri dan sejahtera. Pembangunan saat ini telah diotonomikan kepada desa melalui dana desa.

Ia mengatakan, bursa inovasi adalah upaya untuk memberikan masukan dan inovasi dari Pemerintah daerah melalui DMPD agar Pemnag dan masyarakat memanfaatkan dana desa secara optimal meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Adapun inovasi yang dikembangkan tidak hanya dari daerah masing-masing, namun walinagari bersama mitra pemerintahananya, LPM melihat inovasi daerah lain yang cocok dikembangkan di wilayah kabupaten Padangpariaman dan nagari masing-masing," ujarnya.

Ia mengatakan, bursa inovasi menampilkan bidang kewirausahaan dengan mendorong tumbuhnya wirausaha di masing-masing nagari.

Inovasi lainnya adalah pengembangan SDM. Hal ini dapat dilakukan dengan pemberian pembekalan kepada masyarakat untuk meningkatkan skil personal ataupun kelompok. Kabupaten Padangpariaman memiliki potensi wisata, hal ini bisa dilakukan inovasi pengembangan SDM dengan meningkatkan skil masyarakat seperti pemandu wisata, dll untuk menunjang wisata menggunakan dana desa.

"Satu lagi adalah pembangunan infrastruktur. Bursa inovasi ini dilakukan agar pembangunan fisik desa lebih terarah sesuai dengan ketentuan yang mengatur penggunaan dana desa dan kebutuhan lokal masyarakatnya, sehingga pembangunan yang dilakukan dapat menunjang perekonomian desa itu sendiri," ulasnya.

Ia menyebut, seluruh SOPD harus melakukan pendampingan terhadap inovasi desa sesuai dengan program masing-masing nagari. Seperti halnya di bidang pertanian, OPD terkait dapat mendampingi masing-masing nagari meningkatkan perekonomian bidang pertanian.

Asisten I Bidang Pemerintahan Padangpariaman Iddarusalam mengatakan, salah satu trik pembangunan adalah melakukan inovasi. Jika nagari mampu berinovasi dengan mengembangkan potensi diyakini nagari di kabupaten Padangpariaman bisa lepas dari keterpurukan dan keterbatasannya.

Ia mempersilahkan pemerintah nagari meniru daerah atau nagari lain yang memiliki program pembangunan yang berhasil namun tetap sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan wilayah nagari masing-masing.

"Pemkab Padangpariaman memungkinkan melakukan studi komparatif pemnag dan pihak terkait ke pemnag atau desa di Indonesia yang memiliki inovasi pembangunan melalui dana desanya," pungkasnya. (Nanda)