Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laboratorium Lingkungan Pariaman Terima Akreditasi Nasional

21 Desember 2017 | 21.12.17 WIB Last Updated 2017-12-21T11:40:34Z
Mukhlis Rahman menerima sertifikat akreditasi dari KAN RI dari Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian LHK RI, Amral Ferry. Foto/Junaidi
Pariaman --- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan laboratorium lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk pengujian sampel lingkungan yang ada di segenap daerah.

"Dengan adanya laboratorium lingkungan di kota Pariaman yang sudah terakreditasi ini, maka akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi Pemerintah Kota Pariaman," kata Mukhlis saat launching Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pariaman, di kantor DLH Pariaman, Kampung Pondok, Kamis (21/12).

Laboratorium Lingkungan Pariaman terakreditasi nasional sesuai dengan ISO/IEC 17025:2008 yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) Republik Indonesia.

“Akreditasi ini ternyata berlaku secara internasional, terutama pada 62 negara yang dalam lingkup lembaga akreditasi internasional APLAC (Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation) dan ILAC (International Laboratory Accreditation Cooperation). Sertifikat pengakuan tersebut, telah diterima pada awal Desember kemaren,” ungkap Mukhlis.

Laboratorium Lingkungan Pariaman selain mendapatkan akreditasi, juga sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan hukum.

“Laboratorium lingkungan terbuka untuk umum, dan bagi laboratorium dari daerah lain yang ada di provinsi Sumatera Barat, dipersilahkan untuk belajar atau magang dengan tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Hasil kerja laboratorium lingkungan, sebut Mukhlis, merupakan dasar dalam menetapkan kebijakan pembangunan di daerah. Laboratorium lingkungan DLH Kota Pariaman merupakan yang kedua terakreditasi di Sumbar setelah Kota Padang.

Dalam launching tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Kepala Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman dengan Laboratorium Lingkungan Kabupaten Agam dalam hal pembinaan dan pemakaian laboratorium.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian LHK RI, Amral Ferry, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Kajari Pariaman Elfrianto, Kepala Dinas lingkungan Hidup se Sumbar, Kepala DLH Kota Pariaman Adri dan jajaran, Kepala UPT Labor se Sumbar, dan Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman Ferry Abidin serta undangan yang hadir. (Juned/*)
×
Berita Terbaru Update