[Deklarasi PAN Genius-Mardison] Zulkifli Hasan: Genius Pemimpin Kaliber Nasional

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan deklarasikan pasangan Genius-Mardison sebagai bapaslon di Pilwako Pariaman 2018. Foto/Erlison/istimewa
Padang --- Partai Amanat Nasional (PAN) deklarasikan Genius Umar-Mardison Mahyuddin sebagai bakal calon pasangan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018 mendatang. Deklarasi dipimpin langsung oleh Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni di Hotel Bumi Minang, Padang, Selasa (12/12) siang.

Selain Genius Umar-Mardison Mahyuddin, PAN juga deklarasikan tiga bapaslon kepala daerah lainnya yang mengikuti pilkada serentak 2018 di Sumatera Barat.

Perkawinan politik Genius-Mardison dalam deklarasi tersebut menjadi babak baru bagi keduanya menghadapi pilkada 2018. Sosialisasi yang awalnya dilakukan atas nama sendiri, kini tentunya mensosilisasikan diri sebagai bapaslon.

Pendeklarasian itu menjawab pertanyaan publik tentang hubungan kedua tokoh yang pada awal rumor terkesan malu-malu kucing menjawab perihal akan berpasangan.

Selain deklarasi, DPP PAN langsung menyerahkan surat pengusungan bakal pasangan calon Genius Umar-Mardison sebagai salah satu syarat pendaftaran bapaslon ke KPU Kota Pariaman pada Januari 2018 mendatang.

Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan sosok Genius Umar-Mardison merupakan pasangan ideal untuk memimpin Kota Pariaman ke depan. Kiprah kepemimpinan Genius Umar sebagai wakil walikota Pariaman dan Mardison Mahyuddin ketua DPRD Kota Pariaman, menjadi salah satu parameter diusungnya keduanya sebagai bakal pasangan calon walikota.

Selain itu, ia melihat Genius sebagai sosok pemimpin muda enerjik dan memiliki koneksi lintas nasional. Hal itu menjadi modal untuk mendorong pembangunan kota Pariaman lebih cepat dan optimal. Sedangkan pengalaman Mardison Mahyuddin sebagai ketua DPRD Kota Pariaman akan memberikan dukungan bagi Genius Umar.

“Pasangan Genius-Mardison adalah pasangan ideal pada pilkada Kota Pariaman, keduanya punya pengalaman di satu sisi sebagai eksekutif dan sisi lainnya sebagai legislatif,” ujarnya.

Ketua MPR itu menyebut, sejumlah partai besar pengusung 4 kepala daerah di Sumbar juga mengusung bakal calon pasangan bersama partai lainnya yang memiliki kesamaan visi dan misi.

“Partai pengusung adalah partai yang memiliki visi dan misi yang sejalan. Beberapa partai besar sudah menyatakan dukungan, kemungkinan besar beberapa partai besar lainnya akan mendeklarasikan dukungan Genius Umar-Mardison, namun hanya menunggu waktu yang tepat,” sebutnya.

Ketua DPD PAN Kota Pariaman Priyaldi menambahkan, jika pernyataan dukungan baru dilakukan oleh PAN. Namun dalam waktu yang tidak lama, beberapa partai pengusung pasangan tersebut akan melakukan deklarasi secara bersama-sama di Kota Pariaman. Saat ini lintas partai yang akan mengusung Genius-Mardison sedang merancang acara deklarasi yang direncanakan digelar di Pantai Gondariah Pariaman.

“Partai pengusung sedang membicarakan tentang acara deklarasi yang direncanakan pada bulan ini. Nanti kita informasikan, setelah ada kawan-kawan dari partai pengusung memberikan jadwalnya,” ujarnya

Dikatakan Pry, saat ini baru ada dua partai yang mendeklarasikan pengusungan Genius-Mardison yaitu PAN dan Golkar. Beberapa partai yang telah menyatakan dukungannya akan mendeklarasikan secara resmi dihadapan publik pada akhir Desember 2017 mendatang.

“Kita akan deklarasikan, jika sekarang baru PAN dan Golkar, nanti kita akan lakukan deklarasi serentak di Pariaman setelah ada jadwal dari kawan-kawan yang lain,” pungkasnya. (Nanda)