Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HKN Tingkat Kota Pariaman Bertabur Hadiah

12 November 2017 | 12.11.17 WIB Last Updated 2017-11-12T11:51:32Z

Gandoriah --- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 tingkat Kota Pariaman, Dinas Kesehatan menggelar berbagai kegiatan di Pantai Gandoriah, Minggu (12/11).

Mulai dari senam bersama, jalan santai berhadiah, makan buah bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya menyambut baik upaya Dinas Kesehatan dengan 12 pesan sehatnya---Tabuik Piaman---yang merupakan singkatan dari pesan sehat:

TABUIK

Tidak ada anggota keluarga yang merokok dalam rumah/ruangan
Asi ekslusif bayi usia 0-6 bulan
Bersalin di fasilitas kesehatan
Usahakan penderita gangguan mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan
Imunisasi dasar lengkap pada bayi
Konsumsi sayur dan buah serta gunakan air bersih

Sedangkan PIAMAN

Pastikan seluruh anggota keluarga punya jaminan kesehatan,
Ingatkan penderita TB berobat sampai sembuh,
Aktifitas fisik minimal 30 menit sehari dan cek tekanan darah secara berkala,
Menimbang balita setiap bulan,
Ayo keluarga ikuti KB dan
Nah … rumah harus memiliki jamban sehat ya …

Selain itu, Genius Umar menambahkan agar masyarakat membudayakan hidup bersih dan sehat, selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan makan makanan yang sehat, cukup istirahat, olahraga teratur, makan buah dan sayur serta hindari stress.

"Kesehatan adalah harta yang paling berharga, untuk apa kekayaan yang banyak dan jabatan yang tinggi tetapi kita tidak sehat. Karena itu jagalah kesehatan kita dengan memeriksakan kesehatan secara berkala di pos kesehatan yang ada," katanya.

Ia berharap semangat untuk mewujudkan Indonesia sehat dimulai warga Pariaman dari keluarga dan lingkungan. Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang sudah diluncurkan pihaknya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

“Sesuai dengan tema HKN kali ini---Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku--yang mengedepankan peran keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri hidup sehat,” tutupnya.

HKN Pariaman ditutup dengan pembagian hadiah bagi para peserta yang ikut rangkaian kegiatan di HKN ke-53 itu. Mulai dari sepeda, kipas angin, kompor gas dan hadiah lainnya, berpindah tangan dari panitia ke peserta.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Ketua DPRD Syafinal Akbar, Kakan Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Kasdim 0308 Pariaman Mayor Marjoni, Wakapolres Pariaman Kompol Nofriadi Zen, Sekdako Indra Sakti, Kepala SOPD, Kabag, Camat, BPJS Kesehatan Pariaman, jajaran panitia acara, serta masyarakat yang hadir. (Juned)
×
Berita Terbaru Update