Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BKKBN Sumbar dan Iqbal Anggota DPR RI Gelar Sosialisasi KIE di Pariaman Timur

9 November 2017 | 9.11.17 WIB Last Updated 2017-11-09T12:35:10Z
Anggota DPR RI M. Iqbal dan Camat Pariaman Timur Hendri sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya pada acara sosialisasi KIE
Pariaman --- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar gelar sosialisasi KIE Kreatif 2017 di halaman Kantor Kecamatan Pariaman Timur, Senin (6/11).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sumbar Mardalena Wati Yulia serta anggota Komisi IX DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Iqbal yang membidangi kesehatan, tenaga kerja dan kependudukan serta 200 orang masyarakat se Kota Pariaman sebagai peserta.

Dalam sambutannya, anggota DPR-RI periode 2014-2019 yang mewakili daerah pemilihan Sumatera Barat II ini menjelaskan bahwa Program KB merupakan andalan pemerintah semenjak zaman Presiden Soeharto.

Setelah reformasi, kata dia, Program KB mulai redup dan mulai hidup kembali tahun 2004 sampai sekarang. Program KB bertujuan untuk pengendalian jumlah penduduk, karena pada saat ini Indonesia berada di peringkat ke-4 jumlah penduduk terbanyak di dunia.

"Dapat diprediksi bahwasannya pada tahun 2020 Indonesia akan mencapai bonus demografi, artinya sekitar 70 pesen penduduk Indonesia mempunyai usia produktif mulai dari usia 15 sampai 60 tahun," lanjut anak mantan Menteri Sosial era SBY ini.

Bonus demografi, jelas dia, bisa menguntungkan jika diiringi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Namun sebaliknya jika jumlah usia produktif yang meningkat tanpa meningkatnya SDM yang handal, akan menjadi musibah bagi negara.

Sementara Mardalena Wati Yulia mengatakan bahwa, selain sosialisasi KB, juga ada program BKKBN lainnya yaitu Kampung KB. Program BKKBN tidak akan sukses jika tidak ada dukungan dari pemerintah provinsi dan pemerintah kota seperti saat ini.

Pada acara tersebut juga ditampilkan kesenian indang kreasi anak dari SD Negeri 11 Koto Marapak yang juga ikut menyampaikan beberapa pesan tentang KB dalam nyanyiannya.

KIE adalah singkatan dari Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. KIE Kreatif dilakukan setiap tahun guna mengampanyekan program BKKBN. Program KIE Kreatif merupakan salah satu cara yang digunakan BKKBN dalam mempromosikan program-programnya ke masyarakat luas.

KIE sendiri lebih dari sekadar mengenalkan, tapi juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Sementara itu, Camat Pariaman Timur Hendri mengatakan bahwa pemerintah Kota Pariaman terutama Kecamatan Pariaman Timur sangat mendukung program pemerintah pusat.

"Kami sangat mendukung program ini, apalagi pertama kalinya dilaksanakan di Kecamatan Pariaman Timur. Dengan adanya sosialisasi dari pusat langsung kepada masyarakat, dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program KB ini," tutupnya. (TKIP Pariaman Timur)
×
Berita Terbaru Update