Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

November 2017 Jembatan Ambruk Kayu Gadang Sikabu Dibangun Permanen

14 Oktober 2017 | 14.10.17 WIB Last Updated 2017-10-14T06:07:45Z

Jakarta --- Berselang tiga minggu pasca Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi menyerahkan Dana Siap Pakai (DSP) untuk membangun tanggap darurat Jembatan Kayu Gadang Sikabu yang ambruk karena bencana, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni menemui orang nomor dua di BNPB itu di kantornya untuk meminta dipercepat pembangunan jembatan secara permanen.

Permintaan itu dilakukan karena vitalnya keberadaan jembatan tersebut bagi masyarakat. Semenjak jembatan tersebut ambruk, lalu lintas orang dan barang menjadi terganggu terutama siswa dan pelajar yang bersekolah antara kedua wilayah seberang jembatan.

Didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Budi Mulya, bupati membahas masalah tindaklanjut permohonan bantuan dana rehabilitasi/rekonstruksi pembangunan jembatan Kayu Gadang Sikabu sebesar lebih kurang Rp26 miliar.

Selain membahas kebutuhan dana untuk pembangunan jembatan yang rusak akibat bencana, bupati juga membahas kemajuan pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Padangpariaman, terutama yang terkena dan berpotensi terancam bencana seperti abrasi pantai dan kawasan longsor.

Dody Ruswandi yang juga mantan Kepala Dinas PU Sumbar itu, memberikan apresiasi kepada Ali Mukhni atas semangat dalam memperjuangkan permintaan dana ke pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur.

Seperti yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut, hal itu ditempuh mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah Pemkab Padangpariaman dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur khusus infrstruktur yang terkena bencana alam, apalagi wilayah Padangpariaman merupakan daerah rawan dan menjadi langganan seluruh jenis bencana.

Khusus bantuan dana dari BNPB untuk rehabilitasi/rekonstruksi pembangunan jembatan Kayu Gadang, Dody Ruswandi menyampaikan bahwasanya proposal permohonan bantuan dana tersebut sedang dalam proses, dan ia berjanji akan diupayakan akhir tahun 2017 baru akan direalisasikan.

Bupati Ali Mukhni berusaha meyakinkan Sestama BNPB itu akan pentingnya keberadaan jembatan Kayu Gadang mengingat di kawasan Sikabu sedang berlangsung pembangunan Main Stadium Sumbar sementara jembatan Kayu Gadang merupakan akses utama menuju lokasi pembangunan Main Stadium.

Sebelumya, Ali Mukhni melaporkan kepada Dody Ruswandi mengenai penggunaan Dana Siap Pakai (DSP) untuk pembangunan darurat jembatan yang langsung diserahkan Dody beberapa waktu lalu.

"DSP itu sekarang sudah terealisasi dan masyarakat sudah menikmati jembatan darurat Kayu Gadang walaupun hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, sehingga dapat mengurangi beban penderitaan masyarakat pasca ambruknya jembatan tersebut," kata Ali Mukhni.
×
Berita Terbaru Update