Kunjungi DPRD, Ini Pesan Dewan ke Panwaslu Kota Pariaman


Mangguang --- DPRD Kota Pariaman terima audiensi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman, Jumat (22/9/2017) kemaren. Audiensi itu dalam rangka silaturahmi dan perkenalan diri dari anggota Panwaslu yang baru saja dibentuk.

Audiensi disambut oleh Ketua DPRD Mardison Mahyuddin dan Wakil Ketua Syafinal Akbar didampingi Ketua Komisi I Riza Saputra, Ketua BK Jonasri, Anggota DPRD Hamdani, Muhammad Yasin dan Nasril, diterima di ruangan kerja ketua DPRD.

Audiensi itu berjalan dengan penuh keakraban dan berjalan santai. Panwaslu Kota Pariaman yang baru dilantik pada tanggal 25 Agustus 2017 itu, yang diketuai oleh Elmahmudi berkunjung ke dewan didampingi dua anggota yaitu Riswan dan Zaiyar, serta ikut memdampingi sekretariat Panwaslu Riky Falentino.

Elmahmudi mengatakan, Panwaslu Kota Pariaman dilantik tanggal 25 Agustus 2017 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumbar. Setelah dilantik pihaknya langsung bekerja, salah satunya membangun komunikasi dengan seluruh lembaga negara yang ada di Kota Pariaman.

“Sejak dilantik tanggal 25 Agustus 2017, mulai aktif tanggal 28 Agustus, kami ditugaskan Banwaslu Propinsi Sumbar untuk membangun komunikasi dengan seluruh lembaga negara yang ada di Kota Pariaman,” ujar Elmahmudi.

Untuk itu katanya, Panwaslu Kota Pariaman berkunjung ke DPRD Kota Pariaman sekaligus untuk perkenalan diri dan silaturahim, dan menyatakan bahwa Panwaslu di Kota Pariaman sudah dibentuk. Ia berharap kepada lembaga dewan, bisa membantu kerjanya ikut mencegah dan mengawasi terjadinya pelanggaran pada Pilkada dan Pemilu.

“Kita punya kepentingan yang besar dengan DPRD dan partai politik, komunikasi intensif perlu dilakukan,” tambah Elmahmudi.

Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik audiensi tersebut. Menurutnya, sebagai lembaga perwakilan rakyat pihaknya terbuka dan siap dikunjungi siapa saja, tidak hanya lembaga negara tetapi juga masyarakat.

“Sebagai wakil masyarakat, kita menyambut baik kunjungan ini. Sekaligus bisa berkenalan dan bersilaturahmi,” ujar Mardison Mahyuddin.

Dikatakan, Panwaslu sebagai lembaga pengawas dalam pilkada dan pemilu, diharapkan bisa berlaku adil dan bersifat independen dalam menjalankan tugasnya. Dewan bersama pemerintah daerah setempat ikut mendorong Panwaslu Kota Pariaman bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tentu kita berharap Panwaslu bisa bersikap adil dan independen dalam menjalankan tugas tanpa pandang bulu,” harapan Mardison Mahyuddin.

Mardison mengajak seluruh pihak untuk membantu Panwaslu dalam bekerja menjung tinggi integritas pemilu yang jujur dan adil. Ikut mengawasi dan mencegah terjadinya pelanggaran pada Pilkada dan Pemilu. (Doni)