Jembatan Padang Lapai Kayu Tanam Hampir Siap


Kayutanam --- Pembangunan jembatan Padang Lapai Nagari Guguak, 2x11 Kayu Tanam hampir rampung. Jembatan sepanjang 36 meter dengan lebar 8 meter tersebut
menghubungkan korong Padang Lapai dengan korong Pasa Karambia.

Adapun anggaran yang dikucurkan sebesar Rp4,7 miliar dari APBD 2017 dengan kontraktor pelaksana PT Landsano Jaya Mandiri yang dikerjakan sejak lima bulan yang lalu.

"Alhamdulillah, pekerjaan sudah 95 persen. Pengecoran lantai jembatan telah selesai," ujar Bupati Padangpariaman Ali Mukhni saat berdiri di jembatan tersebut, di Nagari Guguak, 2x11 Kayu Tanam, beberapa hari lalu.

Selanjutnya kata Ali Mukhni, akan dilakukan pengaspalan jalan akses ke jembatan sepanjang 400 meter. Anggaran yang dibututuhkan sebesar Rp500 juta telah diusulkan pada APBD Perubahan 2017.

Orang nomor satu di Padangpariaman itu berharap adanya jembatan permanen yang representatif demi menunjang ekonomi masyarakat. Karena di daerah itu dikenal dengan hasil kebun yang memiliki pasar dari Pulau Sumatera hingga Jawa.

"Kita tahu di sini penghasil buah durian yang sudah dikenal di mana-mana. Dengan ada jembatan, transportasi lebih mudah sehingga pendapatan masyarakat meningkat," ujar bupati yang giat dengan pembangunan Tarok City itu

Jalan dan Jembatan Tiram Ulakan

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Budi Mulia, mengatakan bahwa masih rusaknya akses jalan dan belum dibangunnya Jembatan di dekat Kampus Badan Pendidikan Pelatihan Pelayaran di Tiram,  sepenuhnya kewenangan pemerintah provinsi Sumbar.

"Bulan puasa yang lalu, Bapak Bupati telah meminta Dinas PU Sumbar untuk pengaspalan jalan dan jembatan di Tiram. Mudah-mudahan segera terealisasi dalam waktu dekat ini," ujarnya tanpa merinci kapan waktunya. (Tim)