Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Target Airi Puluhan Hektar Lahan, Pariaman Bangun Embung dan Sumur

12 Juli 2017 | 12.7.17 WIB Last Updated 2017-07-12T12:36:23Z
Agusriatman tinjau pembuatan embung di Desa Tungkal Utara
Tungkal Utara -- Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman, monitoring pelaksanaan kerja dana alokasi khusus (DAK) tahun 2017 yang tersebar di tujuh titik dalam wilayah Kota Pariaman, Rabu (12/7/2017) pagi.

Agus dalam monitoring sekaligus didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Marlina Sepa dan dua orang staf.

Dia meninjau pembuatan embung air di Desa Tungkal Utara, drainase parit dan pembangunan sumur tanah menggunakan teknologi sollar cell di lima lokasi, di mana pengerjaan proyek kegiatan tersebut telah mencapai 90% --bahkan ada yang sudah selesai.

Khusus embung air, jelas Agus, merupakan sebuah langkah pengumpulan dari sumber air hujan yang turun di lokasi resapan untuk dialirkan ke lokasi persawahan warga yang mampu mengaliri hingga 20 hektar lahan.

Untuk pembuatan sumur tanah dengan sistem sollar cell, setiap sumur mampu mengaliri lahan sawah seluas 5 hektar.

"Apabila proyek ini telah selesai finishing 100 persen, dalam waktu dekat akan diadakan serah terima aset dari dinas kepada kelompok tani penerima bantuan untuk dipergunakan dalam kebutuhan pengairan irigasi sawah," ungkap Agus.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Marlina Sepa, menambahkan, proyek pembuatan sumber air dan saluran air sawah adalah sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan di Kota Pariaman.

“Sehingga tidak ada lagi alasan bagi petani untuk tidak dapat air ketika akan memulai musim tanam. Kita berharap hasil tani dapat lebih meningkat dalam upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi,” kata Marlina.

Phaik/OLP
×
Berita Terbaru Update