Ormas Islam Terbesar Padangpariaman Deklarasi Dukung Pembangunan Tarok City


2 x 11 Enam Lingkung -- Bertempat di Masjid Jami' Sicincin, warga Muhammadiyah dan Aisyiah Kabupaten Padangpariaman menyatakan kebulatan tekad mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Padangpariaman membangun Kawasan Tarok City, Minggu (9/7/2017).

Dukungan tersebut dituangkan dalam dokumen yang diberi judul "Deklarasi Tarok City Keluarga Besar Muhammadiyah dan Aisyiah Kabupaten Padangpariaman Beserta Ortom" (Organisasi Otonom). Hari itu bertepatan dengan Hari Bermuhammadiyah sekaligus deklarasi mereka terhadap rencana pembangunan Kawasan Tarok City.

Turut membubuhi tanda tangan dalam lembaran dokumen tersebut Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Syofyan Karim Elhusein, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiah Sumbar Meiliarni Rusli, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padangpariaman Fakhri Zaki dan Ketua Pimpinan Daerah Aisyiah Padangpariaman Betri Murni.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni menyambut positif dan bangga atas acara yang digelar warga Muhammadiyah dan Aisyiah itu.

"Saya sangat apresiasi dengan kegiatan yang diselenggarakan ini. Usai menjadi saksi pernikahan kemenakan Sekda Jonpriadi pagi tadi, saya tidak menikmati makan siang yang disuguhkan sekda karena harus segera ke Sicincin untuk menghadiri acara ini," kata bupati.

Menurut Ali Mukhni, dukungan terhadap rencana pembangunan kawasan Tarok City secara kelembagaan, baru dilakukan oleh Muhammadiyah. Sebelumnya tokoh masyarakat, baik di ranah maupun di rantau silih berganti menyampaikan dukungannya.

Bahkan menurut dia, dukungan juga datang dari Menteri PAN RB Asman Abnur, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahaim.

"Muhammadiyah sebagai ormas pertama yang menyampaikan dukungannya. Ini menjadi penambah semangat kami dalam membangun kawasan yang akan merubah wajah Sumatera Barat. Tarok City akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Padangpariaman dan sekitarnya," ia optimis.

Di kesempatan itu, Fakhri Zaki mengatakan alasan warga Muhammadiyah mendukung rencana pembangunan Tarok City yang sesuai dengan visi misi dan semangat Muhammadiyah dalam ber-amar ma'ruf meningkatkan kualitas SDM masyarakat melalui amal usaha pendidikan.

"Apa yang direncanakan bupati sebenarnya sama yang dengan perjuangkan Muhammadiyah, yaitu ber amar ma'ruf dalam dunia pendidikan. Makanya, sudah tepat kiranya kami mendukung upaya ini," sebut dia.

Fakhri Zaki kemudian membacakan Deklarasi Tarok City tersebut. Deklarasi Tarok City berbunyi;

Mengingat

1. Kawasan Tarok City akan dapat merubah wajah Padangpariaman

2. Kawasan Tarok City dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat, di dalamnya terdapat sarana infrastruktur yang akan dibangun di antaranya ISI Padang Panjang, UIN Imam Bonjol, UNP, Politeknik Negeri Padang, Diklat LAN, Diklat Kejagung, Diklat BPN, Rumah Sakit Vertikal dan Kawasan Perkantoran

3. Tarok City sebagai ikon pembangunan nasional

4. Tarok City sebagai langkah strategis menapak modernisasi

5. Tarok City bertujuan menguntungkan masyarakat banyak.

"Merujuk 5 butir kemaslahatan umat di atas, maka dengan berserah diri kepada Allah SWT, keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah Padangpariaman beserta Ortom, kami mendukung cita-cita besar Bupati Padang Pariaman bapak Ali Mukhni ihwal pembangunan Kawasan Tarok City di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumbar." ia melanjutkan

Karena sesuai dengan Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dan Khittah Perjuangan Muhammadiyah," tandasnya.

TIM