Genius - Asmi Kompak Serahkan Berkas Pencalonan ke PPP

Genius - Asmi didampingi tim sukses masing-masing terlihat kompak. Foto: Nanda
Pariaman -- Dua bakal calon (balon) kepala daerah Genius Umar dan Asmi, datang barengan saat penyerahan berkas pendaftaran balon walikota dan wakil walikota Pariaman ke Partai PPP Kota Pariaman di Cimparuah, Senin (10/7/2017). Entah disengaja atau tidak, namun yang pasti kedua balon tersebut didampingi tim datang bersamaan. Kompak pula.

Keduanya balon itu datang tepat pada pukul 14.40 WIB diterima langsung oleh Ketua DPC PPP Kota Pariaman Mulyadi, sekretaris dan segenap panitia penjaringan balon.

Pada kesempatan itu Genius Umar mengatakan kedatangan dirinya dengan Asmi saat penyerahan berkas hanya kebetulan saja, bukan direncanakan. 

"Bukan janjian, tapi memang kebetulan saja datang bersamaan. Apalagi hari ini adalah hari terakhir penyerahan berkas pendaftaran di DPC PPP," kata Wakil Walikota Pariaman itu.

Menurut Genius Umar, PPP Kota Pariaman merupakan salah satu parpol pengusung dirinya saat memenangi kontestasi Pilkada Pariaman saat dirinya mendampingi Mukhlis Rahman tahun 2013 silam.

Berbekal itu, ia berharap untuk kembali diusung oleh PPP sebagai calon walikota Pariaman pada Pilkada 2018 mendatang.

"PPP bukanlah hal yang baru bagi saya. PPP adalah salah satu parpol yang mengusung saya kala mengikuti Pilkada 2013 silam. Saya berharap pada pilkada 2018, PPP Kota Pariaman kembali mengusung saya," harapnya.

Sementara itu, Asmi mengatakan bahwa niatan dirinya mencalonkan diri sebagai kepala daerah ia dedikasikan untuk melanjutkan pembangunan Kota Pariaman. Ia mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil walikota.

"Walikota atau wakil walikota sama saja, dua-duanya kepala daerah. Wakil walikota pun juga berperan dalam pemerintahan," ujarnya.

Berbekal pengalaman sebagai PNS puluhan tahun, menjadi modal bagi mantan Kadis PU Padangpariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Solok Selatan itu mengabdi untuk pembangunan Pariaman.

Di saat yang sama, Ketua DPC PPP Kota Pariaman Mulyadi, mengatakan bahwa Partai PPP memiliki tahapan untuk pengusungan balon kepala daerah secara hierarki dari DPC hingga DPP. Pihaknya tidak dapat memastikan siapa balon yang akan diusung oleh PPP pada Pilkada Kota Pariaman 2018 mendatang.

"Yang jelas berkas balon yang mendaftar kita verifikasi, lalu secara berjenjang kita usulkan ke DPW hingga DPP. Keputusan ada di DPP," jelasnya.

DPC PPP Kota Pariman hari ini, sambung Mulyadi, akan menutup pendaftaran balon kepala daerah hingga pukul 00.00 WIB. Jika tidak ada balon lain yang datang menyerahkan berkas, maka pihaknya hingga batas waktu penutupan tersebut hanya akan menverifikasi berkas balon untuk segera diusulkan ke DPW PPP Sumatera Barat.

"Ada tiga balon yang sudah menyerahkan berkas yakni, Genius Umar, Zalman Zaunit dan Asmi. Jika tidak ada yang menyerahkan berkas lagi, maka hanya tiga balon tersebut yang diverifikasi," ucapnya.

DPC PPP Kota Pariaman, sebut dia, akan mengusulkan rekomendasi balon kepala daerah ke DPW PPP umatera Barat paling lambat akhir Juli 2017.

"Semestinya balon walikota yang mendaftar telah membawa nama balon wakil walikota yang bakal mendampinginya agar rekomendasi yang dikirim satu paket ke DPW dan DPP," tutupnya.

Nanda