200 Mahasiswa Unand KKN di 5 Desa Pariaman

Sekda terima mahasiswa KKN di Balaikota Pariaman. Foto: Nanda
200 lebih mahasiswa Universitas Andalas (Unand) akan jalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lima (5) desa di Kota Pariaman. Mahasiswa kampus Limau Manih yang berasal dari berbagai latar disiplin ilmu itu akan mengabdi dan berbaur dengan masyarakat sejak 4 Juli 2017 hingga 14 Agustus 2017 mendatang.

Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti saat acara serah terima mahasiswa KKN, Selasa (4/7/2017), mengajak mahasiswa peserta KKN di Kota Pariaman dapat mendukung program magrib mengaji. Program itu dilaksanakan rutin dengan melibatkan seluruh pejabat di Kota Pariaman.

"Dengan momen KKN ini diharapkan mahasiswa KKN terlibat dalam kegiatan dan meramaikan masjid dengan aktivitas salat berjemaah dan mengaji," ujarnya.

Ia juga berharap mahasiswa peserta KKN dapat menyumbangkan ilmunya yang didapat di kampus sesuai dengan bidang disiplin ilmu agar diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Ia mencontohkan, mahasiswa jurusan ilmu akuntansi, dapat membantu penyusunan keuangan pemdes di lokasi KKN masing-masing.

Dia menekankan agar mahasiswa KKN memahami dan mematuhi aturan di desa setempat. Salah satunya adalah aturan tentang batas hiburan hingga pukul 12.00 WIB.

"Hal tersebut harus menjadi acuan bagi peserta KKN jika melaksanakan hiburan atau pentas seni di Kota Pariaman," jelasnya.

Wakil Rektor I Universitas Andalas, Dahfianus, mengatakan, program KKN Universitas Andalas tahun 2017 dilaksanakan dengan tiga program. Tiga program tersebut yaitu KKN PPM reguler, program KKN Nagari Development Center (NDC) dan program KKN Tematik yang dipusatkan di 7 desa di Kota Pariaman.

Ia merinci 5 desa tersebut adalah Desa Sikapak Barat, Desa Marunggi, Desa Pungguang Ladiang, Desa Pauah Kuraitaji dan Desa Cubadak Mentawai.

Ia juga meminta agar mahasiswa peserta KKN PPM dan NDC di Kota Pariaman dapat mendukung dan menyelaraskan program KKN dengan program Pemko Pariaman.

"Mahasiswa peserta KKN PPM Reguler dan KKN NDC dan Tematik harus mematuhi segala aturan yang berlaku di daerah lokasi KKN," tandasnya.

Nanda