27 July 2016

Profil Dua Menteri Asal Piaman




Sambutan positif datang dari publik Sumatera Barat secara umum dan Pariaman secara khusus usai Persiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama baru pos kementerian yang dirombak untuk kedua kalinya. Reshuffle jilid II itu mengumumkan 12 menteri baru di halaman Istana Negara, Jakarta, pukul 11.00 WIB, Rabu (27/7).

Dari 12 menteri hasil reshuffle tersebut terdapat dua Ajo (sebutan lelaki Piaman) menempati dua pos menteri strategis. Yakni Asman Abnur yang mengisi pos Menteri Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menggantikan Yuddi Chrisnandi dan Arcandra Tahar, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Sudirman Said.

Asman Abnur, Ajo kelahiran
Batu Kalang, Kecamatan VII Koto Padang Sago 2 Maret 1961 ini merupakan putra Aburuddin Hamzah seorang saudagar emas di Kepulauan Riau. Asman merupakan seorang politisi dari PAN (Partai Amanat Nasional) yang sebelumnya pernah menjabat anggota DPR RI dan Wakil Walikota Batam periode 2001-2004.

Asman selain terkenal di kampung halamannya juga merupakan tokoh perantau panutan bagi warga Piaman khususnya di Kepulaua Riau. Asman dikenal sebagai dermawan yang selalu membantu bagi kemaslahatan orang Piaman di perantauan dan tanah kelahirannya di Padangpariaman.

Sedangkan Arcandra Tahar (46) memang asing bagi telinga orang Pariaman, namun tidak jika menyebut nama ayahnya Taharuddin (alm) yang merupakan pengusaha angkutan PO. KAWAN dan mendiang ibunya Zuraida yang rumahnya hingga kini masih kokoh berdiri di Balai Nareh, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Arcandra adalah anak ke-7 dari 8 bersaudara.

Ar, karib dia disapa adalah anak jenius. Dia selalu juara umum sejak SD hingga SMA nya di Kota Padang. Hanya sekali dia meraih juara III itu pun karena dia sakit dan sempat beberapa saat tidak sekolah. Pria lulusan tekhnik mesin ITB ini lebih dikenal luas oleh publik di Amerika Serikat di mana dia merupakan salah satu profesional dan ilmuan paling diperhitungkan. S2 dan S3 nya, dia tuntaskan di negeri Paman Sam tersebut.

Kepulangan Ar ke tanah air membawa harapan baru bagi kabinet kerja Jokowi-Jk, karena Ar merupakan salah satu menteri yang dirangkul murni karena kemampuan yang dia miliki bukan atas dorongan partai politik.

Ajo Asman dan Ajo Ar adalah dua putra terbaik Piaman yang dipercaya mengemban tugas negara yang begitu kompleks di zaman persaingan ketat global. Tentu kita berharap dua putra daerah tersebut mampu bekerja maksimal memenuhi harapan seluruh rakyat Indonesia. Selamat bekerja Ajo Asman, Selamat Bekerja Ajo Ar dalam Kabinet Kerja.


OLP