Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Rosnini Serahkan 708 Satgas Linmas ke Polisi untuk Pilkada Serentak dan Bencana Alam

3 Desember 2015 | 3.12.15 WIB Last Updated 2015-12-03T08:56:54Z



Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menyerahkan secara resmi 708 orang satuan tugas (satgas) linmas dan bencana yang akan menjaga ketertiban, keamanan, ketentraman masyarakat serta mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak tanggal 9 Desember mendatang.

Penyerahan itu dilakukan dalam apel penyerarahan kepada Kapolres Padang Pariaman dan Kapolres Pariaman di Halaman Kantor Bupati IKK Parit Malintang, Kamis (3/12). Pada kesempatan itu sekaligus juga dilakukan apel siaga bencana.

Pj Bupati Padangpariaman Rosnini Savitri langsung menyerahkan personil satgas tersebut kepada inspektur apacara yang juga Kapolres Padangpariaman AKBP Rudi Julianto.

Usai menerima, Rudi mengajak seluruh satgas turut berpartisipasi dan membantu keamanan, ketertiban, pada tingkat kecamatan dan nagari dalam rangka partisipatif menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Padangpariaman.

Dia juga sekaligus mengajak seluruh satgas linmas dan satgas bencana, untuk menjaga netralitas dan menyatakan keyakinannya bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik saat berada di tengah masyarakat.

"Menyatakan siap mengemban amanah sebagai satgas linmas dan siaga bencana terhadap bencana daerah, mengingat daerah kita memasuki musim hujan dan potensi bencanan alam tentu juga sangat besar seperti banjir, tanah longsor, badai, angin ribut dan lain sebagainya," kata Kapolres.

Penyerahan satgas ditandai dengan menandatangan nota penyerahan oleh Bupati Padangpariaman dilanjutkan oleh Kapolres Padang Pariaman dan Kapolres Pariaman.

Rosnini Savitri kepada wartawan mengatakan, satu minggu lagi masyarakat Padangpariaman akan melakukan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015 memilih gubernur wakil gubernur Sumatera Barat dan bupati wakil bupati Padangpariaman masa jabatan 2016-2021.

"Pilkada serentak 2015 pertama kali dilaksanakan dalam memenuhi amanat UU nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang," terang Rosnini.

Demi keamanan pelaksanaan Pilkada tersebut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bersama dengan aparat TNI dan Kepolisian di dua resort akan menurunkan sebanyak 708 satgas linmas yang akan disebar ke suluruh wilayah Padangpariaman yang terdiri atas 34 personil di tingkat kabupaten, 170 di tingkat kecamatan, 60 di tingkat nagari dan 444 di tingkat korong.

"Sekaitan dengan pengamanan Pilkada yang dilaksanakan pada bulan musim penghujan, sama-sama kita ketahui bahwa daerah Padangpariaman adalah daerah rawan bencana. Bencana banjir, longsor, angin ribut dan juga gempa bumi. Untuk itu, Satpol PP yang memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat turut membantu menjaga dan mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam di bawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," jelas Rosnini.

BPBD sebagai SKPD, kata dia, penanggung jawab penanggulangan bencana dan pasca bencana, harus siaga 24 jam memantau kondisi daerah yang rawan bencana alam.

"Linmas, Satpol PP dan aparat Kepolisian beserta TNI siap siaga bekerjasama bahu membahu membantu BPBD memantau dan bertindak cepat jika terjadi bencana,” pungkasnya.


HS/OLP
×
Berita Terbaru Update