Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kempampuan TIK ASN, Pemko Pariaman Gandeng PT. Telkom

3 September 2015 | 3.9.15 WIB Last Updated 2015-09-03T07:17:51Z



Seiring semakin cepatnya perubahan lingkungan strategis yang dinamis, kompleks dan beraneka ragam yang berakibat semakin luasnya keinginan dan kebutuhan masyarakat akan teknologi informasi, PT. Telkom Indonesia Wilayah Sumbar bekerjasama dengan Dishubkominfo Kota Pariaman menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman Tahun 2015. Acara tersebut berlangsung tanggal 2 s/d 3 September 2015 di Aula Balaikota Pariaman.

Dalam kesempatan itu, Walikota Pariaman Muklis Rahman menyampaikan, TIK merupakan salah satu teknologi yang berkembang. Pesatnya perkembangan TIK merupakan peluang dan tantangan  untuk menciptakan, mengakses, mengolah dan memanfaatkan secara tepat dan akurat untuk dikuasai  dalam rangka meningkatkan  daya saing suatu organisasi termasuk pemerintah derah.

Mukhlis menuturkan, Pemerintah Republik Indonesia telah membuat kebijakan pemanfaatan TIK untuk membangun Elektonic Governmen (E-GOV) yang terintegrasi mulai dari daerah sampai pusat agar informasi dapat dimanfaatkan secara bersama untuk berkoordinasi  antara pusat maupun daerah, yang dituangkan dalam Inpres (instruksi presiden) dan Keputusan Menkominfo tentang pengembangan G-Gov.

Sampai saat ini, sebutnya, sebagai bagian dari pelaksanaan E-Gov di daerah, Pemko Pariaman talah mampu mewujudkan beberapa poin dengan langkah kerjasama dengan PT. Telkom dalam penyedian jaringan internet dan pemasangan fiber optic di seluruh wilayah Kota Pariaman serta pemasangan CPE dan Comisioning Testing di 29 SKPD, Kantor Camat, beberapa Puskesmas melalui satu program yang dikenal dengan nama Smart City.

"Tidak bisa di pungkiri, pembangunan infrastruktur saja tidak akan memberikan manfaat yang lebih. Ini harus diiringi  dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). SDM yang berkompetenlah  yang akan menggerakkan  sumber daya lain," tegasnya.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut memaksimalkan investasi infrastruktur yang telah ditanamkan.

"Pemko Pariaman  bekerja sama dengan PT. Telkom memberikan pelatihan peningkatan SDM dan TIK yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan E-Gov di Kota Pariaman," tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pariaman Agusriatman, mengatakan, sasaran dari pelatihan adalah untuk memberikan pemahaman TIK dalam menyelenggarakan pemerintahan, menciptakan SDM yang mampu mengolah data menjadi informasi secara elektronik serta merangsang SDM untuk berfikir kreatif dalam melayani masyarakat yang tentunya tidak terlepas dari pemanfaatan TIK.


Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update