Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lakukan Ini, Beginilah Perhatian Marinir Terhadap Kelestarian Terumbu Karang dan Nelayan Pariaman

12 Agustus 2015 | 12.8.15 WIB Last Updated 2015-08-12T13:50:01Z


Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang, lakukan penanaman 2000 terumbu karang di sekitar perairan Pulau Kasiak dan Pulau Angso Duo Kota Pariaman dalam rangka memperingati HUT RI ke 70 Tahun 2015.

"Proses penanaman dilakukan mulai dari tanggal 11 s/d 15 Agustus 2015 masuk dalam  program penanaman sejuta terumbu karang di seluruh Indonesia sebagai bentuk perhatian TNI AL terhadap kelestarian biota terumbu karang," ungkap Koordinator pelaksana kegiatan Kapten Marinir Rahmat Iskandar kepada wartawan di Pulau Kasiak, Rabu, (12/8).

Dikatakan Rahmat Iskandar, 2000 terumbu karang ditanam menggunakan metode transplantasi dengan mencangkokkan karang hidup untuk ditanami di tempat lain yang dianggap telah mengalami kerusakan menggunakan media  tanam buatan.

"Kegiatan ini  selain melestarikan terumbu karang di sekitaran perairan Pariaman, juga mempercantik biota bawah laut yang sejalan dengan visi dan misi Kota Pariaman sebagai derah tujuan wisata di Sumatera Barat," ujarnya.

Selain itu ditambahkannya, penanaman terumbu karang juga akan meningkatkan kesejahteraan hidup para nelayan. Dengan lestarinya terumbu karang, kata dia otomatis akan menarik beragam jenis ikan untuk tinggal dan bersarang di perairan.

“nelayan pun akan semakin mudah dalam menangkap ikan sebagi sumber mata pencarian,” tambahnya.

Pada acara puncak, tanggal 15 Agustus Rahmat  menyampaikan, penanaman terumbu karang akan melibatkan para penyelam dari Universitas Bung Hatta, Sarnas, Pol Airud, Brimob Sumbar, Damkar dan komunitas Selam TDC.

"Pada hari Jumat depan, Yonmarhanlan II Padang juga akan menyelenggarkan olahraga bersama dengan PNS di Lingkungan Pemko Pariaman sebagai wadah silaturahmi," tutupnya.


Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update