Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Didampingi Mukhis, Danlantamal II Lepas Tim Gabungan Ekspedisi Penanaman Terumbu Karang di Pulau Kasiak

15 Agustus 2015 | 15.8.15 WIB Last Updated 2015-08-15T13:20:42Z



Dalam rangka menyambut peringatan Hut RI yang ke 70, Pemerintah Kota Pariaman bersama Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang dan Kodim 0308 Pariaman mengelar serangkaian acara seperti sepeda santai, penanaman terumbu karang, dan pelepasan tukik (anak penyu), Sabtu (15/8).



Acara yang dihelat di Pantai Gandoriah itu dihadiri oleh Walikota Pariaman Muklis Rahman, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Didin Kurnadi, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf. Persada Alam, Ketua TP-PKK Reny Muklis, Ketua GOW Lucy Genius, para Kepala SKPD, para Camat, seluruh pegawai dan anggota TNI AL dan Kodim 0308.

Pada kesempatan itu Muklis sangat bangga dan menyambut baik kegiatan transplantasi demi penyelamatan terumbu karang dan ekosistemnya di Pulau Kasiak.

Mukhlis mengakui sebagian terumbu karang di halaman pulau memang sebagian sudah rusak, baik oleh alam maupun ulah manusia seperti menangkap ikan menggunakan alat peledak.

"Dengan banyaknya kerusakan terumbu karang maka ekosistem ikan akan rusak juga karena terumbu karang dengan ikan saling ketergantungan. Ikan akan semakin banyak apabila terumbu karang terjaga dengan baik," ucapnya.

Dengan adanya kegiatan penanaman terumbu karang Mukhlis berharap ikan menjadi semakin banyak dan nelayan akan memetik hasil nantinya.

Sementara itu Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Didin Kurnadi mengatakan bahwa penanaman terumbu karang dan penyelamatan ekosistem perairan laut merupakan program yang dilaksanakan secara nasional oleh TNI AL.

"Dan saya menghimbau kepada nelayan dan masyarakat untuk dapat menjaga kelestarian terumbu karang. Jangan menangkap ikan dengan bahan peledak maupun racun-racun," tegasnya.


Penanaman terumbu karang di Pulau Kasiak dilakukan oleh Tim Gabungan Marinir Lantamal II, BRIMOB dan Polair Sumbar, Basarnas Sumbar, Mahasiswa dan Pelajar Menwa Kota Pariaman. Ekspedisi penanaman terumbu karang dilakukan serentak se-Indonesia.

RZ/OLP
×
Berita Terbaru Update