Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siap Dermaga, Lantamal II Padang Bangun Monumen AL di Pariaman

24 Mei 2015 | 24.5.15 WIB Last Updated 2015-05-24T11:46:48Z



Kota Pariaman di awal masa penjajahan adalah Kota Pelabuhan terbesar di Sumatera, hal ini sesuai dengan catatan dari Tomic Pires (1446-1552) seorang pelayar berkebangsaan Portugis. Dan pada masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, Pariaman menjadi Markas Pangkalan Angkatan Laut RI yang pertama di Indonesia. Dipilihnya Pariaman saat itu karena tidak kondusifnya Kota Padang dan sekitarnya pasca Aksi Meliter I Belanda, lalu pada 8 maret 1946 Mayor Soelaiman diperintahkan oleh Komandan Divisi III Banteng untuk memindahkan Markas Komando TKR Laut Sumatera Tengah ke Pariaman.

Menilik dari sejarah tersebut, Komandan Lantamal II Padang, Kolonel Dindin Kurnadi akan membuat monumen Angkatan Laut untuk mengenang perjuangan para marinir terdahulu yang dibantu oleh masyarakat Pariaman untuk menghalau Aksi Meliter Belanda, dalam kunjungannya yang pertama di Kota Pariaman beberapa waktu yang lalu.

Hal ini disambut baik oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman. Kata dia, dengan akan dibangunnya Monumen Angkatan Laut di Kota Pariaman secara tidak langsung akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menambahkan, di tahun 2015 ini pemerintah pusat menganggarkan bantuan untuk Kota Pariaman dari Kementrian KKP RI, yaitu dermaga yang sangat ditunggu-tunggu oleh para nelayan dan pengusaha kapal wisata.

Dermaga ini nantinya akan dibangun di Muaro Pariaman dan Pulau Angso duo, sehingga akan memudahkan kapal-kapal berlabuh.

"Dengan adanya sebuah monument Angkatan Laut  yang akan di bangun di Muaro Pariaman, akan menjadi spot baru bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional dengan cerita sejarah tentang monument ini nantinya," ujar Mukhlis Rahman.

Sedangkan Komandan Lantamal II Padang Kolonel Dindin Kurnadi mengapresiasi Pemerintah Kota Pariaman yang dengan aktif melakukan promosi wisata bahari yang ada di Kota Pariaman sehingga kemaritiman yang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat dan Angkatan Laut RI, satu visi dengan keinginan Pemko Pariaman. Dia berharap ke depan, akan terus dibina kerjasama antara Lantamal II Padang dengan Pemko Pariaman dengan menggelar ivent Triathlon yang akan diikuti oleh Marinir AL dari 20 Negara di tahun 2016 mendatang.

Hadir dalam kesempatan rombongan dari Lantamal II Padang, Ass intel Kolonel Yose Aldian, Kadispotmar Letkol Fahmi, Damsatkamla Mayor Dhoni dan beberapa perwira menyertai, Kemenhub Provinsi Sumbar bidang angkutan laut Jhoni Hartono, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kadis DKP Kota Pariaman Yandrileza, Kadis Pendidikan Kota Pariaman Kanderi,  Kabag Humas Hendri serta para wartawan yang hadir baik dari media cetak dan media elektronik.
×
Berita Terbaru Update