Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni: Suksesnya Pembangunan Asrama Haji dan Islamic Centre adalah Prestasi Kita Bersama

18 Mei 2015 | 18.5.15 WIB Last Updated 2015-05-18T03:51:22Z
Bupati Ali Mukhni disaksikan Menteri Agama Lukman Haji Saifuddin, Gubernur Irwan Prayitno dan Kakemenag Sumbar Salman pada peletakan batu pertama  Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf Internasional di Nagari Sungai Buluh Kec Batang Anai beberapa waktu lalu.



Terealisasinya pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf internasional semakin membuktikan prestasi Bupati Ali Mukhni dalam membangun proyek monumental di daerahnya Kabupaten Padangpariaman.

Gubernur Sumbar Irwan prayitno menegaskan bahwa Pemprov akan mendukung pembangunan Asrama Haji hingga selesai. Ia juga apresiasi Bupati Ali Mukhni yang bekerja siang malam dan terus menjalin hubungan harmonis dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk realisasi Asrama Haji pada tahun 2015.

"Pak Bupati ini orangnya kecil-kecil tapi lincah dan jago lobi. Beliau selalu merengek minta dibantu oleh Pemprov. Tapi karena beliau sangat serius, Insya Allah kami bersama DPRD akan slalu support," kata politisi PKS itu.

Sedangkan Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa pembangunan Asrama Haji atas doa dan dukungan seluruh masyarakat ranah dan rantau yang telah menanti selama 15 tahun terakhir.

"Saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya," ujar Bupati Ali Mukhni, Jumat (15/5).

Dijelaskannya bahwa pembangunan asrama haji akibat adanya sharing pembiayaan melalui APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten dan Pihak Swasta. Hal itu disebabkan adanya pembangunan fasilitas yang terdiri dari Asrama, Mesjid, Aula Serbaguna, Hotel, Rumah Sakit, Restoran, Pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Dana APBN, jelasnya, digunakan untuk menbanguna fisik asrama, mesjid dan fasilitas lainnya. Sedangkan APBD Propinsi untuk pembangunan akses jalan dan jembatan dari Asrama Haji menuju BIM.

"Untuk APBD Kabupaten kita anggarkan untuk membuat jalan hotmix selebar 40 meter dan pintu gerbang. Untuk pihak swasta akan membangun yang bersifat komersil," tuturnya.

"Insya Allah, Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf Internasional yang terletak di Padangpariaman ini adalah salah satu yang termegah di tanah air," kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu Ketua MUI Padangpariaman Dr. Zainal Tk. Mudo sangat mengapresiasi pembangunan Asrama Haji sekaligus Islamic Center Sumatera Barat yang representatif.

"Dulu kita hanya pernah mendengar wacana itu, tapi sekarang telah terbukti. Pembangunan Asrama Haji telah dimulai, lokasinya sangat strategis hanya 2,5 km dari BIM. Ini bukti bahwa Bupati telah bekerja keras," kata Putra Lubuk Alung itu.

Ia berharap pembangunan asrama haji dapat dilanjutkan hingga selesai dan dioperasionalkan secepatnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Asrama Haji dan Islamic Center telah diletakkan batu pertamanya oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 11 Mei 2015. Mega proyek ini akan menelan biaya sebesar 800 Milyar yang dikerjakan dengan sistim multiyears.

Asrama haji yang baru tersebut terletak di Nagari Sungai Buluh, Kec. Batang Anai atau hanya berjarak 2,5 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Asrama haji seluas 10 hektar ini dijadwalkan selesai selama dua tahun yaitu tahun 2017. Embarkasi Padang ini nantinya akan melayani calon jamaah haji dari tiga propinsi yaitu Sumbar, Jambi dan Bengkulu.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update