Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Menuju Kota Industri Terpadu

7 April 2015 | 7.4.15 WIB Last Updated 2015-04-06T18:08:06Z


Keberadaan mahasiswa sebagai kaum intelektual memberikan dampak positif bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Bupati Ali Mukhni akui sangat mendukung adanya praktek lapangan mahasiswa yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Banyak kegiatan dengan semangat mengutamakan kearifan lokal seperti gotong royong.

Hal tersebut ia sampaikan pada Pembekalan bagi Mahasiswa KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Bung Hatta (UBH) di Balairung Caraka, Kampus UBH, Padang, Sabtu (4/4).

"Keberadaan Mahasiswa KKN sangat memberi dampak positif bagi masyarakat. Saya lihat sendiri bagaimana mahasiswa mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan saluran air, rumah ibadah dan sekolah. Atas nama pemerintah kita sangat apresiasi," kata Bupati yang juga seorang pendidik itu.

Ali Mukhni berbangga hati karena hubungan baik yang terjalin antara Pemerintah dengan Akademisi UBH sehingga kembali dipercaya sebagai lokasi KKN dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak.

Ia mengaku UBH banyak memberikan kontribusi nyata dalam memberikan masukan untuk membangun daerah. Ia berharap ke depan UBH sebagai kampus kebanggaan ranah minang dapat melahirkan generasi muda yang membanggakan daerah dan negara Indonesia.

"Saya yakin Prof. Niki bisa membawa Universitas Bung Hatta menjadi lebih baik dan lebih maju lagi," kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Pada kesempatan tersebut Ali Mukhni juga mengekspos pembangunan strategis yang telah  dan akan dibangun di wilayahnya. Diawali dengan pembangunan monumental yaitu Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP), MAN Insan Cendikia, Asrama Haji dan Islamic Center, Stadion Utama Sumbar, Pelabuhan Tiram dan Jalan Lingkar Duku-Sicincin.

"Seluruh pembangunan dapat terwujud karena dukungan dari seluruh stakeholders, masyarakat ranah dan rantau," kata Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat tersebut.

Satu lagi pembangunan yang prestisius, kata bupati, bahwa Padangpariaman ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi sebagai Kota Industri Terpadu dengan luas lahan 5000 hektar yang terletak di Kec. Lubuk Alung. Adanya program pemerintah tersebut tentunya akan membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

"Alhamdulillah, dengan adanya Kota Industri Kreatif ini akan banyak lapangan kerja untuk adik-adik mahasiwa Bung Hatta nantinya," kata Ketua Umum STM Negeri Pariaman itu.

Sementara itu Rektor UBH Niki Lukviarman mengatakan bahwa Mahasiswa KKN UBH akan ditempatkan di enam Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Seluruh mahasiswa KKN akan diasuransikan sebagai jaminan perlindungan di lapangan nanti.

Ia juga apresiasi Bupati Ali Mukhni yang sangat peduli terhadap kehadiran mahasiswa KKN didaerahnya. Ia sering mendapat laporan bahwa Bupati Ali Mukhni sering berkunjung menghadiri kegiatan yang diadakan masyarakat bersama mahasiwa.

"Dari enam Kabupaten dan Kota tersebut, di Padangpariaman yang paling banyak yaitu 420 mahasiswa. Tahun lalu kita kirim 360 orang. Kita beralasan karena Bapak Bupati miliki perhatian besar kepada kegiatan mahasiswa," kata Prof. Niki.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update